Harga Cabai Mulai Merangkak Naik di Tahun 2018

0
69
Ilustrasi Petani Cabai (Sumber: PetaniTOP)

Nusantara.news, Kabupaten Malang – Setelah sebelumnya dikeluhkan anjloknya harga cabai, kini di awal tahun harga cabai justru mulai merangkak naik. Fenomena mulai merangkak naiknya harga cabai tersebut disertai dengan kondisi Kabupaten Malang di musim penghujan.

Cabai yang merupakan salah satu bahan pokok sehari-hari diperlukan sebagai bahan olahan makanan masyarakat. Dari data Sistem Informasi Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur (Siskaperbapo) beberapa harga pokok seperti cabai dan kacang-kacangan mulai merangkak naik di awal tahun 2018.

Data Harga Bahan Pokok, Cabai dan Kacang-kacangan (Sumber: Siskaperbapo)

Sesuai dengan tabel, harga cabai kriting naik sebesar 5,37% dari harga permulaan Rp 29.800 menjadi Rp 31.400. Sedangkan cabai biasa melonjak naik hingga 11,35% dari mulai harga Rp 28.200 per kg menjadi 31.400 kenaikan hingga Rp 3.200 per kg, dan cabai rawit naik tidak terlalu signifikan yakni sebesar 1.67%.

Selain itu, bahan kacang-kacangan juga mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan, kacang hijau mengalami kenaikan 2,20% per kg dari harga Rp 18.200 menjadi Rp 18.600. Kacang tana juga mengalami kenaikan sebesar 2,54% per kg dari harga Rp 23.600 menjadi 24.200, dan terakhir ketela pohon naik 3,07% per kg dari harga Rp 3.260 menjadi Rp 4.360.

Untuk diketahui sebelumnya petani mengeluhkan anjloknya harga cabai, kini mulai merangkak kembali, cabai biasa yang mulai merangkak naik secara drastis 11.35% konsumen menyoroti hal kenaikan tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Nurcahyo menduga jatuhnya harga cabai sekarang ini disebabkan oleh besarnya stok cabai di pasar. Terutama pasokan cabai dari luar daerah yang banyak masuk ke pasar-pasar di Kabupaten Malang. Hal itu mengakibatkan stok cabai melimpah di pasar sehingga harga mengalami penurunan beberapa waktu lalu.

Namun kini, harga cabai mulai naik dan semoga normal, mengingat di beberapa daerah  harga cabai dimusim sekarang penghujan sekaran ini memang mulai naik.

Di akhir tahun lalu pada awal bulan Desember harga cabai mengalami kenaikan harga cukup signifikan, Hanya saja, mahalnya harga cabai tersebut tidak banyak dinikmati petani karena tidak banyak yang menanam cabai atau tanaman cabai belum masa panen.

Akhir desember dan awal januari ini harga cabai mulai anjlok, namun kini sudah mulai merangkak naik. Menjadi dilema kemudian jika harga terlalu anjlok para petani yang menjerit, sedangkan jika mengalami kenaikan terlalu drastis, konsumen yang akan mengeluh. []

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here