Hargai Cabai Melambung, Pendapatan Pedagang Melorot

0
71

Nusantara.news, Situbondo – Tingginya harga cabai di pasaran tidak selalu membawa keuntungan bagi para pedagang. Malah, peningkatan harga cabai membuat para pedagang merugi karena menurunnya minat beli masyarakat.

Saat ini harga cabai Situbondo berada di kisaran Rp 135 ribu sampai Rp 140 ribu perkilogram. Tanda-tanda penurunan harga pun belum terlihat sampai saat ini.

Ida, seorang pedagang Pasar Mimbaan Situbondo, mengungkapkan tingginya harga cabai malah membuat para pedagang was-was. Para pedagang takut barang daganganya tidak ada yang membeli dan dapat menyebabkan pedagang mendapatkan kerugian yang besar. “Pembeli cabai menurun drastis  sejak harga cabai melambung tinggi. Banyak warga tak lagi membeli cabai karena harganya tak terjangkau. Jika terus-terusan mahal, ditakutkan banyak pedagang kecil yang gulung tikar,” ungkap Ida, sembari mengharapkan agar pemerintah segera bertindak untuk segera menurunkan harga cabai.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Situbondo, Agustiono berujar jika pihaknya sampai saat ini masih memantau kondisi yang terjadi di lapangan. Langkah yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan sampai saat ini baru sekadar  memantau perkembangan harga di pasaran dan menelisik jalur distribusi cabai di situbondo.

“Mahalnya harga cabai disebabkan  banyak faktor seperti permainan harga tengkulak, cuaca hingga persoalan distribusi. Berdasarkan pengecekan di lapangan, masalah yang dapat kami ketahui adalah pengiriman cabai yang selalu terhambat, sehingga pasokan cabai ke pasar berkurang,” ungkap Agus. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here