Hari Raya Nyepi, 23 Napi di Jatim Dapat Remisi

0
66

Nusantara.news, Surabaya – Menjelang peringatan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 28 Maret 2017, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada 23 orang narapidana. Remisi khusus tersebut diberikan kepada narapidana yang beragam Hindu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Budi Sulaksana, mengatakan remisi khusus diberikan kepada narapidana yang beragam hindu yang dilakukan secara simbolis.

“Secara simbolis penyerahan telah dilaksanakan hari ini di Lapas Porong, Sidoarjo,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Budi Sulaksana, Senin (27/3/2017).

Budi menyebut, di Jawa Timur jumlah narapidana yang beragam Hindu berjumlah 70 orang, dan yang mendapat remisi 23 orang, rinciannya di Lapas Madiun 1 orang, Lapas Malang 5 orang, Lapas Surabaya 3 orang, Lapas Kediri 1 orang, Lapas Narkotika Madiun 4 orang, Lapas Banyuwangi 3 orang, Lapas Lumajang 1 orang, dan Lapas Ngawi 4 orang, serta dari Rutan Surabaya 1 orang.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Harun Sulianto, menambahkan narapidana yang berhak mendapatkan remisi adalah mereka yang telah memenuhi syarat administratif, yakni berkelakuan baik selama menjalani pembinaan di Lapas serta telah menjalani masa hukuman sedikitnya enam bulan, terhitung sejak dilakukan penahanan.  “Syaratnya, berkelakuan baik dan telah menjalani minimal enam bulan dihitung sejak tanggal penahanan sampai tiba Hari Raya Nyepi tahun 2017,” jelas Harun.

Untuk pemberian remisi khusus dilakukan bersamaan dengan tibanya hari keagamaan, yakni saat Idul Fitri, Natal, Waisak, Nyepi dan Imlek. Dari Kanwil KumHam Jawa Timur, didapat keterangan untuk per tanggal 27 Maret 2017 jumlah narapidana di Jawa Timur ada sebanyak 13.138 orang. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here