Hati-Hati Serangan Ransomware, Ini Cara Mengatasinya

0
52
Ransomeware itu semacam penculikan data atau file yang dengan minta tebusan dengan jumlah tertentu data atau file baru bisa kembali dibuka. Tapi jangan panik. Sudah ada kiat mengatasinya

Nusantara.news, Paris – Para pengguna online baik lembaga pemerintahan, perbankan, pelayanan rumah sakit, maupun pribadi-pribadi dan lainnya mesti tambah berhati-hati. Kadar pengamanan jaringan, piranti keras dan lunaknya mesti lebih diutamakan.

Sebab Polisi Cyber Perancis pada Sabtu (13/5) telah merilis serangan cyber global sudah memakan 75 ribu korban di puluhan negara. Pernyataan Polisi Perancis itu terkait serangan cyber (ransomware) yang menyerang bank-bank di Rusia, rumah-rumah sakit di Inggris dan pabrik mobil di Eropa sehari sebelumnya.

“Ini angka sementara dari jumlah komputer yang terinfeksi dan dapat melonjak tajam dalam beberapa hari ke depan,” ungkap wakil kepala Kantor Antikejahatan Cyber Kepolisian Prancis Valerie Maldonado kepada AFP.

Polisi Eropa bahkan menyebutkan serangan cyber yang serentak dan massif seperti Jumat (12/5) yang lalu belum pernah terjadi. Serangan itu menggunakan ransomware yang mengunci file pengguna. Kuncian itu bisa dilepas apabila pengguna membayar tebusan kepada penyerang dalam bentuk mata uang bitcoin sebagaimana yang mereka minta.

Apabila file anda tidak bisa dibuka akan muncul pesan di layar korban yang menuntut pembayaran 300 dolar AS (sekitar Rp4 juta) dalam bentuk Bitcoin dengan peringatan: Oooops, data anda telah dienkripsi!”

Modus serangan cyber yang mirip penculikan di dunia nyata itu dinilai Polisi Perancis sudah sangat berbahaya. “Begitu komputer pertama terinfeksi, virus menyebar ke seluruh jaringan yang terhubung dengannya, melumpuhkan semua komputer yang seluruh datanya dienkripsinya,” sebut Valerie kepada AFP

Bagaimana kita computer kita untuk terhindar dari serangan Cyber? Humas Kementerian Kominfo telah menyebar-luaskan kiat berikut ini :

Foto Marlin Dinamikanto.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here