Haul Moch Seruji, Pahlawan Nasional Asal Jember

0
496

Nusantara.news, Jember – Bagi khalayak umum, nama Moch Seruji mungkin agak terasa asing. Namun, nama ini telah diabadikan dalam bentuk patung yang berdiri tegar di depan gedung Pemkab Jember. Tidak banyak yang mengetahui secara detail siapa sosok ini. Sosok ini tidak lain seorang pejuang dan pahlawan nasional asal Jember.

Aksi heroiknya selama membela kemerdekaan itulah yang membuat namanya harum. Pada tahun 1949, Moch Seruji gugur di medan pertempuran membela Ibu Pertiwi ketika menghadapi dari serangan tentara Belanda.

Untuk mengenang jasa-jasanya, segenap lapisan masyarakat yang terdiri dari TNI, GP Ansor, LSM LIRA dan beserta beberapa perwakilan keluarga menggelar tabur bunga pada hari Rabu (8/2/2017) di makam Kreongan, Kecamatan Patrang, Jember. Acara ini terselenggara sebagai bentuk kelanjutan dari aksi diskusi yang diselenggarakan Garpindo Jember beberapa waktu yang lalu.

Menurut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto, acara memperingati haul Moch Seruji merupakan cara kita menghormati pahlawan atas jasa-jasanya dan sebagai refleksi bagi generasi penerus untuk selalu ikut menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

Letkol Inf Rudianto juga mengingatkan, sebagai generasi penerus kita wajib meneladani apa yang telah diperjuangkan oleh Moch Seruji untuk Indonesia. “Perjuangan beliau menjadi bukti bahwa dia menjadi sosok pahlawan di masa itu,” pungkas Letkol Inf Rudianto. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here