Hindari Pungli, Pemkab Situbondo Siapkan Aplikasi Online Untuk Perizinan

0
65

Nusantara.news, Situbondo – Banyaknya pungli yang menjerat aparatur pemerintah tingkat I sampai aparat desa disikapi serius oleh Pemerintah Situbondo. Menghindari praktek pungli atau pungutan liar, Pemkab Situbondo mempersiapkan pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT). Melalui IT tersebut, setiap pelayanan perizinan yang diajukan masyarakat maupun pengusaha akan dapat dilakukan secara langsung.

Dengan hadirnya aplikasi tersebut, diharapkan dapat mempermudah setiap aneka perizinan dan layanan publik, seperti mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dsb.

Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Syaifullah mengungkapkan bahwa semua tahapan yang dipersiapkan berjalan dengan lancar. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) rencananya akan melaunching aplikasi pelayanan online bulan April mendatang.

“Tujuan utama pelayanan online ini untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Melalui pengurusan perizinan online diharapkan akan menghindarkan terjadinya praktek pungli,” ungkapnya, Senin (20/1/2017).

Di sisi lain, mekanisme layanan online juga akan mengurangi risiko pejabat  disuap oleh oknum masyarakat, karena kedua pihak yang berkepentingan tidak bertemu. “Selama proses pengurusan perizinan, pemohon dan petugas tak bisa bertemu langsung. Bahkan jika persyaratannya sudah lengkap, proses perizinan bisa selesai hanya dalam satu hari,” tegasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here