Tugu Titik Nol

Ikon Wisata Baru Kota Surabaya

0
201

Nusantara.news, Surabaya – Kota Surabaya yang semakin indah dan cantik dengan seabreg lokasi wisatanya, terus berbenah. Terbaru, Kota Pahlawan ini menambah satu lagi ikon wisata, namanya Tugu Titik Nol. Selain sebagai penanda batas awal untuk ukuran jarak, tugu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bisa dinikmati wisatawan yang tengah berkunjung di Surabaya.

Pembangunannya baru usai, berada di areal Kantor Gubernur Jawa Timur di lokasi bersejarah peninggalan VOC Belanda, yang sekarang menjadi Kantor Gubernur Jawa Timur, di Jalan Pahlawan Surabaya.

Kehadiran Titik Nol disambut baik Gubernur Jawa Timur Soekarwo, yang mengaku setuju bangunan anyar itu menjadi obyek wisata baru di Surabaya. “Kita menyambut baik. Itu bagus  untuk obyek wisata di Kota Surabaya,” ucap Soekarwo, Rabu (9/3/2017).

Sebelumnya, kepada Nusantara.news, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto,menuturkan Gubernur Jawa Timur sangat menyambut baik. “Pak Gubernur setuju karena keunikannya, serta lokasinya yang sangat strategis dan mudah dijangkau,” ujar Benny.

Titik Nol Kota Surabaya merupakan penanda kilometer nol Kota Surabaya. Berbentuk tugu kecil setinggi 0,5 meter terletak di halaman depan sisi pojok barat laut Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan 110 Surabaya.

“Agar lebih estetik, persis di belakang tugu tersebut juga sudah dibuat tugu yang lebih besar berbentuk Angka Nol dengan tinggi sekitar 2 meter,” jelasnya.

Mantan Kepala Biro Kerjasama Pemerintah Provisni Jawa Timur ini menjelaskan, Titik Nol Kota Surabaya sangat bagus menjadi obyek wisata masyarakat juga untuk turis mencanegara, utamanya untuk obyek fotografi.

“Jika dipotret dari sisi utara, akan tampak Kantor Gubernur Jawa Timur yang megah dengan jam loncengnya yang tinggi menjulang, sebagai latar belakang. Tentu ini menjadi nilai lebih dan akan menjadi daya tarik tersendiri dari para wisatawan lokal dan mancanega,” ujar Benny.

Benny mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Biro Umum Setdaprov Jawa Timur Hizbul Waton untuk menata kawasan di sekitar areal Tugu Titik Nol agar tampak lebih indah dan asri, serta untuk memudahkan diakses oleh para wisatawan yang berminat mengunjungi. “Biro Umum akan menambahkan tulisan Titik Nol di belakang logo NOL,” ujarnya.

Semoga upaya Surabaya mempercantik kota yang dilengkapi dengan berbagai ikon untuk  menyedot wisatawan ini juga ditiru daerah lain di Jawa Timur. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here