Ini 30 Cara Sehat dan Cantik Bersama Daun Sirih

0
525
Daun sirih yang sudah dipetik. Siap dijadikan obat atau perawatan kecantikan

Nusantara,news – Sirih (Piper Betle) adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang tumbuhan lain. Selain digunakan untuk pengobatan tradisional, mengunyah daun sirih sudah menjadi budaya di beberapa tempat di Indonesia.

Biasanya daun sirih dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun kebiasaan itu belakangan sering dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carnicoma yang bersifat malignan. Kapurnya juga bisa membuat pengerutan gusi yang membuat gigi tanggal, meskipun daun sirihnya sendiri mengandung antiseptic pencegah gigi berlubang.

Sebagai tanaman obat, sirih banyak digunakan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Sebut saja  masyarakat Kepulauan Riau yang hingga sekarang masih menjunjung tinggi upacara makan sirih, khususnya dalam acara penyambutan tamu.

26 Khasiat Sirih untuk Kesehatan

Berikut ini khasiat daun sirih untuk kesehatan :

1). Mengobati penyakit asma

Siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan secara rutin 2-3 gelas sehari.

2). Menyembuhkan radang tenggorokkan

Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan secara rutin 2-3 gelas sehari.

3). Mengobati batuk

MRebus 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

Hasil gambar untuk bronchitis

4). Mengobati penyakit Bronchitis

Rebus 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan 3 kali sehari secara teratur.

5). Obat luka bakar ringan

Tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.

6). Mengobati demam berdarah

Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

7). Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata

Rebus 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan untuk mengompres atau sebagai obat tetes.

8). Melancarkan haid

Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan 2 kali sehari.

9). Mengatasi masalah keputihan

Rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

10). Menghilangkan bau mulut

Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

Gambar terkait

11). Obat penyakit jantung

Tumbuk 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang, lalu ditambahi dengan 1 sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring. Minum ramuan 2 kali sehari.

12). Membersihkan kuman dari mulut

Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk berkumur terutama setelah makan.

13). Obat gusi berdarah

Rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan untuk berkumur setidaknya 3 kali dalam sehari.

14). Mengobati sakit gusi dan sariawan

Anda cukup mengunyah 1–2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukan sebanyak  2 kali sehari.

Hasil gambar untuk bau badan

15). Menghilangkan bau badan

Rebus 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan 2 kali sehari.

16). Menghilangkan keringat berlebih

Manfaat daun sirih yang lain adalah mampu mengendalikan senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Caranya, oleskan hasil tumbukan dari 2 lembar daun sirih pada area ketiak secara teratur. Anda juga bisa meminum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas setiap hari.

17). Pembengkaan Payudara

Ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian bakar sampai layu. Lalu, tempelkan pada payudara yang bengkak saat masih hangat.

18). Mengurangi produksi ASI yang berlebih

Ambil 4 lembar daun sirih yang diolesi minyak kelapa yang dipanggang di atas api, ingat, jangan sampai hangus. Tempelkan di sekitar area payudara dalam keadaan hangat.

19). Ramuan setelah melahirkan

Rebus 2–5 lembar daun sirih dalam 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum rebusan satu kali setiap hari.

20). Mengobati alergi yang menimbulkan gatal-gatal

Siapkan 6 lembar daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, dan juga 1 potong jahe. Tumbuk semua bahan, kemudian oleskan pada area yang gatal.

21). Obat asam urat

Rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air sampai menyisakan 3 gelas saja. Minumlah dengan teratur 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

22). Mengobati diare

Tumbuk halus 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada, kemudian gosokkan pada perut biarkan sampai mengering.

23). Obat mimisan

Untuk mengobati mimisan, cukup dengan menggulung dan memasukkan daun sirih yang layu ke dalam hidung yang mimisan untuk penyumbat pendarahan.

Hasil gambar untuk gigi berlubang

24). Mengobati gigi berlubang

Rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusannya untuk berkumur. Lakukan secara berulang sampai sembuh.

25). Sebagai obat maag

Siapkan 7 lembar daun sirih merah kemudian direbus dan diminum secara teratur 3 kali sehari.

26). Obat radang paru-paru

Rebus 5 – 7 lembar daun sirih merah tua dalam 500 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum secara rutin 3 kali sehari.

4 Khasiat Sirih untuk Kecantikan

Selain sangat berkhasiat bagi kesehatan, sirih juga sering digunakan sebagai perawat kecantikan oleh nenek-nenek kita. Khasiatnya antara lain :

1). Menghaluskan kulit

Tumbuk 3–5 lembar daun sirih yang dicampur dengan air panas. Gunakan sebagai masker saat sudah hangat, lakukan minimal seminggu sekali.

Hasil gambar untuk masker daun sirih

2). Menghilangkan jerawat

Rebus 10 lembar daun sirih dengan 250 ml air sampai berwarna kecokelatan. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres wajah setiap hari.

3). Mencegah penuaan dini

Rebus 6 lembar daun sirih merah, 100 gram kacang hijau, 10 biji kurma, dan 40 gram gingseng talinum dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Tambahkan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

4). Mencegah Jerawat

Siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 200 ml air. Setelah dingin, saring air rebusan dan gunakan untuk mencuci muka.

Demikian 30 khasiat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga berguna. Tetap sehat dan cantik dengan tanaman khas nusantara.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here