Ini Alasan ITN Malang Membangun Pura di Kampus II

0
131
Kampus II Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

Nusantara.news, Kota Malang – Beribadah adalah hak setiap Warga Negara Indonesia, apa pun agamanya, termasuk mahasiswa Hindu di Kota Malang, khususnya yang sedang belajar di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Oleh karenanya ITN Malang merencanakan akan membangun Pura di kampus II. Meskipun mahasiswa di ITN Malang yang beragama Hindu memang tidak banyak, namun pihak kampus ingin mengajarkan dan memberikan semangat saling menghargai dan toleransi antar umat beragama.

Wakil Rektor 3 ITN, Dr Eng Ir I Made Wartana, M.T mengungkapkan, proyek tersebut merupakan bentuk penerapan visi misi ITN yakni untuk mencetak kepribadian dan kerohanian mahasiswa lebih baik lagi.

“Sebenarnya ini sudah menjadi rencana sejak lama dan komitmen ITN. Nantinya semua akan dibangun di kampus II. Di sana sudah dibangun masjid dan gereja, tinggal bertahap yakni pura dan vihara,” jelas dia kepada wartawan, Rabu (13/12/2017).

Pembangunan tersebut bekerjasama dengan para alumni untuk membangun semua tempat ibadah agama yang diakui di Indonesia.“Pembangunan ini juga merupakan bantuan dari para alumni,” tambahnya.

Ia berharap agar segera direalisasikan dan selesai di tahun depan, sehingga mahasiswa yang beragama Hindu bisa beribadah dan beraktivitas di Pura tersebut. “Tercatat ada sekitar 70 orang Mahasiswa Hindu di ITN, mulai angkatan 2014 sampai 2017,” beber dia.

Meski jumlah penganut Hindu di ITN tidak banyak, proyek ini tetap akan menjadi prioritasnya mengingat ITN selama ini selalu mendukung aktivitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berbasis keagamaan di Kota Malang. “Ini menunjukkan bahwa kami menjunjung persatuan, karena mahasiswa di Kota Malang berasal dari berbagai daerah dan suku,” jelas dia.

Pihaknya juga dari sini ia ingin bahwa kampunya dapatt menjadi percontohan kampus damai dan keberagaman dengan menghargai perbadaan umat beragama serta memfasilitasi diantaranya dengan membangun tempat ibadah kepercayaan orang.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here