Ini Cara Bupati Banyuwangi Tingkatkan Pertumbuhan dan Jaga Inflasi

0
54

Nusantara.news, Banyuwangi – Apa gunanya pertumbuhan tinggi kalau inflasi ikut-ikutan membubung? Nah, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas puya kiat khusus dengan cara menjaga ‎pengembangan pertanian, infrastruktur, dan pariwisata di wilayahnya.

Selain itu, Pemkab secara simultan bertemu pimpinan Bank Indonesia (BI), Badan Pusat Statistik (BPS), para bankir, dan pelaku usaha supaya sinergis menjaga prekonomian Banyuwangi tetap kondusif. “Misalnya, dengan perbankan dan BPS kita petakan kecamatan mana yang sedang ekonominya bagus, mana yang melambat. Ini penting agar kita tahu intervensi apa yang perlu dilakukan pemerintah,” ungkapnya Senin (20/2/2017).

Menurut Anas, sinergitas kinerja antar lembaga sangat diperlukan untuk menciptakan kemajuan di daerah dan berdampak tidak langsung pada resiko keterpurukan ekonomi. Salah satu output yang terlihat dari sistem kerja tersebut adalah  pertumbuhan ekonomi Banyuwangi dalam lima tahun terakhir selalu di atas rata-rata Provinsi Jatim dan nasional. “Pada 2015, pertumbuhan Banyuwangi sebesar 6,01 persen, di atas rata-rata Jatim yang sebesar 5,49 persen dan nasional 4,8 persen. Adapun penghitungan 2016 masih difinalisasi BPS,” ujar Anas.

Anas mendeskripsikan jika penyelematan perekonomian ekonomi Banyuwangi adalah tetap stabilnya laju inflasi yang selalu di bawah standar rata-rata Jawa Timur dan Nasional. Pada 2016 laju inflasi Banyuwangi sebesar 1,91 persen, di bawah Jatim dengan presentase 2,7 persen dan nasional 3,02 persen.

Beberapa langkah implementatif yang diterapkan untuk menekan inflasi adalah menjaga komoditas pangan. Untuk itu, pemerintah banyuwangi sedang membangun infrastruktur pertanian pada 2.200 titik yang menghabiskan dana Rp150 miliar.

“Kami bersama petani juga mengembangkan sejumlah varietas unggul, memberi bantuan pupuk dan alat pertanian, berinovasi mengembangkan cabai, dan menyediakan Mobil Layanan Pertanian Terpadu untuk membantu petani menghadapi permasalahan tanam,” pungkasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here