Ini Dia 7 Komisioner KPU dan 5 Bawaslu Terpilih Periode 2017-2022

0
619
(Kiri ke kanan) Calon Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar, Mohammad Nadjib, Ratna Dewi Pettalolo, Abdullah dan Abhan, mengikuti uji kepatutan dan kelayakan serta kepatuhan calon komisioner Bawaslu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4). Komisi II DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 calon komisioner Bawasalu periode 2017-2022. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye/17

Nusantara.news, Jakarta – Setelah uji kepatutan dan kelayakan untuk 14 Calon KPU dan 10 Calon Bawaslu dituntaskan, Selasa (4/4) malam kemarin, hari ini, Rabu (5/4) dini hari tadi Komisi II DPR menggelar Pleno pemilihan untuk 7 Komisioner KPU dan 5 Komisioner Bawaslu.

Untuk itu, Rabu (5/4) dini hari tadi, Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali mengungkap ke wartawan akan menggelar rapat internal secara tertutup untuk menentukan mekanisme pemilihan dan hal-hal yang terkait penentuan calon terpilih, baik KPU dan Bawaslu.

Ternyata Rabu (5/4) dini hari, langsung diselenggarakan pemilihan dengan mekanisme suara terbanyak terhadap 14 calon KPU dan 10 Calon Bawaslu. Berikut ini 7 Komisioner KPU terpilih dan 5 Komisioner Bawaslu terpilih hasil voting Komisi II pada Rabu (5/4) dini hari tadi :

Komisi Pemilihan Umum (KPU)

1.Pramono Ubaid Tanthowi dengan 55 suara
2.Wahyu Setiawan juga 55 suara
3.Ilham Saputra raih 54 suara
4.Hasyim Asy’ari dengan 54 suara
5. Viryan memperoleh 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik dengan 48 suara
7. Arief Budiman dengan 30 suara.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

  1. Ratna Dewi Pettalolo dengan 54 suara
  2. Mochammad Afifuddin meraih 52 suara
  3. Rahmat Bagja dengan 51 suara
  4. Abhan memperoleh 34 suara
  5. Fritz Edward Siregar dengan 33 suara.

Dari 5 komisioner petahana KPU yang menjalani uji kelayakan dan kepatutan tercatat hanya Hasyim Asy’ari dan Arief Budiman yang terpilih oleh DPR. Selebihnya Ferry Kurnia Rizkisyah, Idha Budhiati dan Sigit Pamungkas gagal lolos.

Sedangkan 5 pendatang baru Komisioner KPU terpilih, hanya Pramono Ubaid yang bukan dari KPU daerah. Pramono hingga sekarang adalah Komisioner Bawaslu Provinsi Banten yang mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan oleh anggota Komisi II DPR-RI.

Sisanya, Wahyu Setiawan masih tercatat sebagai anggota KPU Jawa Tengah. Ilham Saputra pernah menjabat Komite Independent Pemilihan (KIP) Aceh, Viryan masih anggota KPU Kalimantan Barat, dan Evi Novida Ginting Manik masih menjabat Ketua KPU Sumatera Utara.

Hasil voting Rabu dini hari tadi akan dibawa ke rapat badan musyawarah untuk dibacakan dalam rapat paripurna. Keputusan Bamus ini yang nantinya disahkan oleh Rapat Paripurna.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyambut baik terpilihnya para komisioner KPU dan Bawaslu. Setelah diputuskan DPR dalam Rapat Paripurna DPR 12 April mendatang, tandas Tjahjo, baru diagendakan acara pelantikan Komisioner KPU dan Bawaslu yang baru.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here