Ini Dia Sebelas Kesepakatan Raja Salman – Jokowi

0
1053
Raja Salman disambut oleh Presiden Joko Widodo

Nusantara.news, Jakarta – Setelah  sebelumnya dirancang lewat pertemuan bilateral antara kedua negara, maka lahirlah 11 kesepakatan yang ditanda-tangani Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan Presiden Joko Widodo, di istana Bogor, Rabu (1/3) siang.

Mengutip keterangan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dua hal utama yang menjadi pembicaraan adalah menyangkut masalah ekonomi dan keumatan. “”Presiden mengapresiasi pengembalian kuota haji Indonesia ke tingkat normal, yakni 211 ribu,” ungkap Retno kepada wartawan.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyambut baik tambahan kuota 10 ribu jemaah khusus untuk pemberangkatan haji 2017.

Selain itu dibicarakan juga penghapusan hambatan dalam hal perdagangan. Bahkan secara khusus Presiden Jokowi meminta Raja Salman memberikan kemudahan akses bagi masuknya produk Indonesia, baik makanan, perikanan, alat kesehatan, tekstil dan garmen.

Bahkan Menteri Retno juga mengungkap, hasil pertemuan selama 4 jam antara kedua kepala negara, Raja Salman siap melibatkan dalam hal pembiayaan proyek-proyek pembangunan. Untuk itu sudah disiapkan dana sebesar USD 1 miliar (Rp13,3 triliun).

Tentang keumatan pemerintah Indonesia meminta pemerintah Arab Saudi melindungi segenap tumpah darah Indonesia yang bekerja di negaranya. Termasuk konflik Palestina yang tak luput pula dari pembahasan.

Berikut ini 11 butir kesepakatan yang dicapai antara pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia.

1. Deklarasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Ditandatangani oleh Kementerian Luar Negeri.

2. Pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for development dan Pemerintah Republik Indonesia. Ditandatangani oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia.

3. Nota kesepahaman kerjasama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi.

4. Program kerjasama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah.

5. Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan.

6. Nota kesepahaman antara otoritas aero nautica pemerintah Republik Indonesia dan kerajaan Arab Saudi. Ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya.

7. Program kerja sama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerjasama scientific dan pendidikan tinggi.

8. Nota kesepahaman antara Kementerian Agama Republik Indonesia dan kementerian urusan Islam dakwah dan bimbingan Kerajaan Arab Saudi di bidang urusan Islam.

9. Nota kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi di bidang kerjasama Kelautan dan Perikanan.

10. Program kerjasama perdagangan antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan dan investasi Kerajaan Arab Saudi.

11. Perjanjian kerjasama dalam pemberantasan kejahatan antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri Kerajaan Arab Saudi. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here