Ini Dia Terduga Pelaku Peledakan Bom Panci Bandung

0
1506
Identitas pelaku dan foto jasad pelaku yang beredar di media sosial

Nusantara.news, Jakarta – Setelah berhasil dilumpuhkan dengan senjata api, pelaku terduga peledakan tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Berdasarkan foto-kopi yang beredar di media social, terduga pelaku bernama Yayat Cahdiyat, kelahiran Purwakarta, 24 Juni 1975, dan golongan darah B.

Terduga pelaku tinggal di Kampung Cukanggenteng, Rt003/Rw001, Desa Cukanggenteng,Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Purwakarta.

Kartu Keluarga milik terduga pelaku

Dalam fotokopian kartu keluarga (KK), terduga pelaku meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak yang paling besar kelahiran 2001, nomer 2 kelahiran 2003 dan yang paling kecil kelahiran 2009.

Mengutip keterangan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul, di Jakarta, Senin (27/2), terduga pelaku pernah menjalani hukuman 3 tahun penjara. Yayat terlibat dalam pelatihan militer di Aceh pada 2011 dengan sejumlah rekannya.

“Terduga pelaku berinisial Y menjalani hukuman sejak 2012 hingga 2015,”terang Martinus.

Toh demikian, saat menggelar temu wartawan, Martinus belum dapat memastikan Y bergabung dengan kelompok apa dan siapa pemimpinnya. Besar kemungkinan Y masuk kelompok mandiri sebagaimana tren gerakan terorisme belakangan ini.

Keterangan sedikit berbeda disampaikan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Profil terduga pelaku, ujarnya, sudah direkam polisi karena sudah masuk di jaringan peta jaringan teroris.

“Pelaku tercatat dalam Jamaah Ansharud Daulah, Bandung, yang berafiliasi ke Aman Abdurahman (Maman). Setelah ditangkap, dia dihukum 3 tahun penjara,” tandas Tito.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, benda mirip panci meledak di Taman Pandawa, depan kantor Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin (27/2) pagi. Usai panci meledak terduga pelaku berlari kea rah kantor Kelurahan Arjuna.

Selang beberapa menit ratusan anggota Brimob Polda Jawa Barat mengepungnya. Setelah gagal melakukan negosiasi petugas merangsek ke dalam dan melumpuhkan terduga pelaku peledakan. Sayang, terduga pelaku tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. []

 

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here