Ini Jawaban KPU Jatim Saat Dikritik Minim Sosialisasi

0
48

Nusantara.news, Surabaya – Bermodal anggaran sebesar Rp7,4 miliar, KPU Jawa Timur dituntut harus bisa dengan cepat melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan sempurna dan lancar terkait jadwal pesta demokrasi lima tahunan, yakni pemilihan kepala daerah.

Namun, sorotan masih minimnya melaksanakan sosialisasi yang harus dilakukan kepada masyarakat terus menjadi pembicaraan. Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jatim, yang dijadwalkan 27 Juni 2018, mendapat penilaian minor, masih minim sosialisasi.

Meski mendapat sorotan minor terkait pelaksanaan sosialisasi tersebut. Komisi Penyelenggara Pemilihan Umum (KPU) Jatim berjanji akan melaksanakan
Pilkada Jatim secara profesional dan lancar.

Minimnya sosialisasi, diakui berimbas pada tingkat pengetahuan di masyarakat, termasuk terkait pasangan bakal calon dan waktu pelaksanaannya. Masyarakat masih banyak yang mengaku tidak tahu pasti kapan tanggal pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Gogot “KPU Jatim baru menjalankan tahapan Pilgub Jatim 2018, seperti FGD, pembuatan jingle, mars, maskot, launching serta menggelar jalan sehat dan memperbarui website juga medsos”

Soal itu, Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro tidak menampik. Dia mengakui dan mengatakan tahapan sosialisasi memang belum maksimal bisa dilaksanakan dengan baik. Imbasnya, masyarakat Jatim masih minim mendapat pengetahuan pelaksanaan pemilihan gubernur.

“Kami mengakui memang ada kegiatan yang belum kami jalankan, seperti pemasangan alat peraga dan penyebaran bahan-bahan sosialisasi,” kata Gogot, di sela pelaksanaan jalan sehat, Minggu (17/12/2017).

Selama tahapan tersebut, KPU Jatim baru menjalankan tahapan Pilgub Jatim 2018, seperti pembuatan FGD, pembuatan jingle, mars, maskot, launching, serta pelaksanaan jalan sehat dan memperbarui website dan medsos KPU Jatim.

“Untuk alat peraga yang terlihat seperti baliho, umbul-umbul, spanduk masih minim. Termasuk iklan melalui media massa elektronik, cetak dan online juga belum dilakukan,” terangnya.

Sementara, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan saat ini pihaknya tengah berada di tahapan distribusi logistik ke sejumlah daerah terpencil, meski diakui cuaca ekstrem saat ini menjadi kendala.

“Saat ini di wilayah Jatim tengah dilanda cuaca ekstrem, yang bisa mengganggu transportasi angkutan laut dan sangat berisiko tinggi,” terang Eko usai Seminar Implementasi UU Nomor 7/2017 tentang Pemilukada, Selasa (19/12/2017).

Untuk pulau terjauh yang minim transportasi seperti di Pulau Bawean dan Pulau Masalembu di Sumenep, Madura. Namun, Eko mengaku optimis pelaksanaan Pemilu serentak akan berjalan baik dan lancar. Khusus untuk Pulau Bawean dan Pulau Masalembu memang menjadi perhatian lebih oleh KPU karena letak geografisnya yang relatif jauh. Untuk menuju ke pulau tersebut diperlukan waktu hingga 15 jam menggunakan angkutan perahu.

Ketua KPU Jatim Eko “Di wilayah Jatim tengah dilanda cuaca ekstrem, yang bisa mengganggu transportasi angkutan laut dan sangat berisiko tinggi”

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi di antaranya soal substansi UU No.7 Tahun 2017 dan implementasi pemilu 2019. Termasuk soal pemungutan suara di pemilu legislatif dan di pemilihan presiden. Ada 5 jenis surat suara dalam 1 hari yang disalurkan. Yakni, surat suara untuk pemilihan presiden. Kemudian surat suara untuk anggota DPR RI, surat suara DPD dan surat suara untuk DPRD kabupaten/kota.

Diketahui, anggaran iklan sosialisasi khusus Pilgub Jatim 2018 yang dimiliki KPU Jatim totalnya Rp7,4 miliar. Rinciannya untuk iklan di media televisi sebesar Rp2,8 miliar, radio Rp 2,9 miliar, cetak atau koran Rp1,2 miliar dan untuk media online Rp160 juta.

Sementara, Setdaprov Jatim meminta KPU Jatim untuk bisa menggelar melaksanakan sosialisasi di tempat publik. Misalnya, di alun-alun di kabupten/kota, tidak hanya menggelar jalan sehat di depan kantor. Termasuk juga diminta mengoptimalkan media center, untuk publikasi.

Ini yang harus diketahui oleh masyarakat, bahwa pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jatim dijadwalkan digelar 27 Juni 2018. Dipastikan tidak ada pasangan calon dari perseorangan, dan dua bakal calon yang ada adalah pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Mereka diusung oleh Partai Kebangkitan bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI Perjuangan). Pasangan lainnya adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak, mereka di usung gabungan partai politik dari Partai Golkar, Demokrat, NasDem, Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Rangkul Mahasiswa, Bawaslu Jatim Gencar Sosialisai Pilkada

Bawaslu Jatim “Sosialisasi Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Pemilu dan Pengawasan Partisipatif kepada mahasiswa PMII Jatim”

Kalau KPU Jatim mendapat sorotan masih minim dalam pelaksanaan sosialisasi, Bawaslu Jatim sebaliknya, terus melakukan berbagai sosialisasi. Di antaranya, dengan meningkatkan sosialisasi pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan umum. Serta mengadakan sosialisasi Pengawasan Partisipatif, yang salah satunya diberikan kepada mahasiswa PMII Jatim, yang digelar Jumat, (8/12/2017).

Hadir sebagai narasumber Anggota Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi, kemudian Tim Asistensi Divisi Pencegahan & Hubungan Antar Lembaga (PHL), Maulana Hasun sekaligus bertindak sebagai moderator.

Selain seputar pengawasan pada Pemilu, materi lainnya yang disampaikan adalah memperkenalkan kembali Pojok Pengawasan yang sebelumnya diresmikan 5 Desember 2017.

Aang Khunaifi sebagai Koordinator PHL berharap organisasi mahasiswa PMII bisa menjadi penghubung dan sebagai informan yang dapat membantu kinerja Bawaslu Jatim dalam pengawasan.

“Tidak hanya organisasi PMII saja, nantinya akan lebih banyak lagi organisasi mahasiswa lainnya dan juga beberapa elemen yang merupakan mitra Bawaslu Jatim akan dipanggil dengan Sahabat Bawaslu,” terang Aang yang juga Kordiv PHL.

Ketua PKC PMII Jatim yang biasa disapa Sahabat Jay itu mengaku sepakat untuk membantu dan akan berperan aktif mengawal dan mengawasi pelaksanaan pemilihan umum di Jatim. Selebihnya, dia juga mengajak agar media yang dimiliki oleh Bawaslu Jatim terus dimaksimalkan.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here