Ini Persiapan Kabupaten Malang Menyambut Pilgub Jatim

0
46
Penandatanganan MoU tentang penanganan pelanggaran atau tindak pidana Pemilu Gubernur Jatim 2018 (Sumber: Pojok Malang Raya)

Nusantara.news, Kabupaten Malang – Pilkada Serentak 2018, antara lain Pemilihan Gubernur semakin mendekat. Sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Jatim) pun, termasuk Kabupaten Malang, telah mempersiapkan diri menyambut hajatan besar itu. Begitu juga dengan KPU dan Bawaslu serta jajaran ke bawahnya setempat.

Polres Kabupaten Malang pun sebagai salah satu unsur dan elemen dalam pengamanan pelaksaanan Pilgub Jatim 2018 melakukan beberapa langkah dan upaya guna mempersiapakan gelaran pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menuturkan, bahwa indikator sukses dan amannya penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 mendatang tergantung dari kesiapan dan komitmen dari unsur-unsur atau elemen politik yang keterkaitan dan memiliki peran penting dalam gelaran pesta demokrasi tersebut.

Unsur-unsur  dan elemen politik tersebut diantaranya yakni, KPU Kabupaten Malang, Panwaslu Kabupaten Malang, Pemkab Malang, Aparat Keamanan (Polri, TNI dan Linmas), Paslon (pasangan calon) dan Parpol (partai politik) pendukung, tokoh agama, tokoh masyarakat, media, dan pengawas independen.

“Semua pihak yang berkaitan harus sama-sama memiliki komitmen untuk menyukseskan atau mengamankan penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018, tidak bisa dibebankan satu pihak saja, misal penyelenggara saja. Namun semua elemen diluar panitia penyelanggara dan pengawas.” tutur Ujung kepada Wartawan, Sabtu (28/10/2017).

AKBP Ujung menekankan adan sinergitas dan kerjasama yang kompak untuk suksesnya penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 “Karena kelancaran pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 memang tidak terlepas dari semua pihak yang memiliki keterkaitan termasuk masyarakat, jadi harus komitmen untuk membangun sinergitas, kerjasama, komunikasi dan koordinasi antar elemen,” tegasnya.

Sementara itu, di tempat lain Bupati Malang, Rendra Kresna mengimbau agar Sentra Gakkumdu dapat berfungsi secara maksimal. Hal tersebut agar suasana kondusif di Kabupaten Malang selama penyelenggaraan Pilgub Jatim 2018 tetap terjaga.

“Harapannya agar Kabupaten Malang ini adem ayem. Jangan ada konflik horizontal dan kerusuhan hanya perkara politik seperti yang terjadi di beberapa daerah akhir ini,” harap Rendra

Ia menambhakan, bahwa sebelumnya di Kabupaten Malang sampai saat ini belum pernah terjadi kisruh politik dan masyarakat. “Baik Pilbup, Pilgub dan Pilpres dulu tidak pernah terjadi seperti di luar daerah, alhamdulillah kita tidak gampamg terprovokasi. Kabupaten Malang mampu menjaga kondusifitas,” imbuh Politisi Partai Nasdem tersebut.

Sebelumnya, Polres Malang telah melaksanakan penandatanganan MoU (memory of understanding) tentang Penanganan Pelanggaran/Tindak Pidana Pemilu Gubernur Jatim 2 018 antara Kejaksaan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang, bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Malang. Polres Malang, Senin (23/10/2017) lalu.

Hal tersebut merupakan salah satu langkah dan upaya kesiapan dalam menghadapi momen Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Dalam penandatangan komitmen beberapa waktu lalu, membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sentra Gakkumdu (gabungan penegakan hukum terpadu) yang terdiri dari penyidik polisi, jaksa dan panwaslu. Ketiga unsur ini, menurutnya, sejak dini harus membina chemistry dan kekompakandalam menghadapi momen pesta demokrasi Jawa Timur 2018 nanti.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here