Ini Sikap Politik AHY dalam Pilgub DKI Jakarta Putaran II

0
481

Nusantara.news, Surabaya – Jelang Putaran kedua Pilihan Gubernur DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 19 April 2017 mendatang, dua pasangan calon Gubernur Ahok – Djarot dengan Anies – Sandiaga diperkiarakan akan bersaing ketat untuk menuju DKI 1. Siapa yang paling bepeluang menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta?

Dari segi probabilitas politik, kedua pasangan sama-sama memiliki peluang untuk meraih DKI 1. Namun yang patut dicermati adalah, mau diarahkan ke mana suara Agus Harimurti Yudhoyono – Sylvi di putaran kedua nanti? Suara 17,07 persen “milik” Agus-Sylvi kini praktis jadi rebutan para pasangan calon yang masuk dalam putaran kedua. Sementara perolehan suara pada putaran pertama Ahok – Djarot hanya unggul tipis atas Anies – Sandiaga.

Sebelumnya, Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) DPP Partai Demokrat (PD) Pramono Eddie Wibowo mengungkapkan bahwa suara Agus – Sylvi tergantung Agus Harimurti Yudhoyono. Hal ini karena AHY yang memiliki konstituen atau pemilih pada Pilgub DKI putaran pertama.

Menanggapi isu dan pertanyaan atau komentar publik tentang sikap dan pandangan AHY terkait putaran kedua Pilgub DKI, mahkota Cikeas ini menyatakan lima sikapnya terhadap Pilgub DKI putaran kedua. Sikap ini disampaikan oleh AHY dalam sambutannya di acara “Thank You Gathering Tim dan Relawan Agus-Sylvi”, Kamis (15/3/2017). Berikut adalah sikap politik AHY terkait denganputaran kedua Pilgub DKI:

  1. Tidak mengarahkan atau menginstruksikan para relawan dan konstituen Agus-Sylvi untuk mendukung atau memilih salah satu Paslon di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta.
  2. Menyerahkan kepada setiap individu untuk menggunakan hak konstitusinya, tentunya sesuai dengan hati nurani masing-masing.
  3. Menyerukan kepada semua relawan dan pendukung Agus-Sylvi agar tetap menjalankan politik dan demokrasi yang menjunjung tinggi etika, serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.
  4. Menyerukan kepada semua relawan dan pendukung Agus-Sylvi untuk terus menjaga semangat persatuan, jangan sampai segala dinamika di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta ini justru akan memecah belah masyarakat Jakarta.
  5. Berharap bahwa putaran kedua Pilgub DKI Jakarta akan berjalan dengan aman, sukses, demokratis dan beradab, serta pada akhirnya menghadirkan pemimpin terbaik untuk seluruh rakyat Jakarta.

Wakil Ketua Partai Demokrat Jawa Timur Nur Muhyidin atau yang akrab disapa Gus Din saat dikonfirmasi Nusantara.news, Sabtu (18/3/2017) menyatakan bahwa semua keputusan soal arah 17,07 persen suara atau pendukung Agus – Sylvi diserahkan kepada AHY.

“Kan, yang maju di Pilgub DKI adalah Mas Agus. Jadi wajar semua keputusan soal mau dikemanakan 17,07 persen suara Agus – Sylvi adalah keputusan beliau. Kita akan mendukung semua pilihan mas Agus,” jelas Gus Din. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here