Ini Tiga Pasang Calon Hasil Penetapan KPU Kota Malang 2018

0
33
Penetapan Nomor Calon Walikota dan Wakil Walikota Malang (Foto: Sinergy Aditya-Nusantara.news)

Nusantara.news, Kota Malang – Setelah serangkaian proses verifikasi dan pemenuhan pemberkasan dari para bakal calon (bacalon) walikota dan wakil walikota yang mendaftara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, kini secara resmi KPU menetapkan tiga pasangan calon calon Walikota dan Wakil Walikota Malang.

Ketiga pasangan calon tersebut ditetapkan pada rapat pleno KPU Kota Malang, di Hotel Ijen Suites, Senin (12/2/2017). Melalui SK KPU No.4/HK.03.1-KPT/3537/KPT/KOP/II/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2018 yang dibacakan oleh Fajar Santosa, Divisi Hukum KPU Kota Malang.

Menetapkan, A. H M Anton dan Samsul Mahmud sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Malang yang diusung oleh PKB, PKS dan Partai Gerindra. B. Dr Yaqud Ananda Gudban dan H Ahmad Wanedi yang diusung oleh Partai Hanura, PDIP, PAN, PPP. C. Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Demokrat.

“Keputusan tersebut berlaku setelah adanya penetapan yaitu sejak tanggal 12 Februari 2018,” kata Divisi Hukum KPU Kota Malang, Fajar Santoso

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin, semua persyaratan pencalonan dan calon dinyatakan sudah memenuhi syarat. “Semua sudah lolos,” ujarnya.

Ia menambahkan penjelasannya, untuk paslon yang merupakan anggota DPRD diberikan waktu pengunduran diri selama lima hari sejak ditetapkannya sebagai paslon. “Surat pengunduran diri di instansi yang berwenang itu sudah harus disampaikan ke KPU Malang,” katanya.

Selain itu, masa cuti bagi wali kota ataupun wakil wali kota yang merupakan calon walikota di Pilkada Kota Malang, juga harus ditetapkan mulai hari ini. “Mereka sudah lepas bajunya sebagai walikota dan wakil walikota, sejak hari ini,” tegasnya.

Sementara di hari selanjutnya, Selasa (13/2/2017) dilakukan pengundian nomor urut calon Walikota dan Wakil Walikota Malang, yang digelar di Harris Hotel, Belimbing pukul 18.00.

Pasangan MENAWAN yakni Nanda-Wanedi mendapatkan nomor urut 1, dengan jargon ‘Mari berSATU Ayo Noto Malang’. Selanjutnya nomor urut 2 yakni pasangan ASIK yang di tempati oleh calon incumbent, yakni M Anton-Samsul, sementara pasangan SAE, Sutiaji-Sofyan Edi mendapatkan nomor urut 3.

 

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here