Jokowi Masih Rahasiakan Kemana Ibu Kota Negara akan Dipindahkan

0
170

Nusantara.news, Jakarta – Wacana pemindahan Ibu Kota Negara RI, ramai lagi dibicarakan. Namun,  Presiden Jokowi masih merahasiakan ke daerah mana ibu kota nehara akan dipindahkan

Sampai sekarang Presiden Jokowi belum menyebut satu oun nama daerah sebagai lokasi baru Ibu kota negara apabila jadi dipindahkan.

Nama Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah, ramai disebut-sebut. tetapi penyebutan nama itu tidak berasal dari pernyataan Jokowi, melainkan dari  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro. Demikian juga lokasi yang dikatakan harus di luar Pulau Jawa, bukan merupakan pernyataan langsung dari Presiden Jokowi.

Bambang Brodjonegoro di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/7/2017), sebagaimana ditulis dalam pemberitaan media massa,  memang dikatakan menyebut bahwa  wacana pemindahan ibu kota merupakan perintah Presiden Joko Widodo.

Tetapi pernyataan Bambang Brodjonegoro terkait perintah Presiden Joko Widodo yang dikutip media tidak menyebut nama Palangkaraya, juga tidak menyebut  harus di luar Pulau Jawa.

Kutipan lengkapnya perintah Presiden Jokowi adalah, “Lakukan kajian lebih mendalam dan keinginannya kota yang dipilih mencerminkan model kota yang ideal untuk Indonesia.”

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil juga memberikan pernyataan senada, tidak ada penyebutan nama suatu derah tertentu.

“Masih studi awal mencari alternatif-alternatif,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Menteri Sofyan memang membenarkan bahwa Palangkaraya merupakan kawasan yang diusulkan menjadi pengganti Ibu Kota Republik Indonesia. Namun, imbuhya, pemerintah saat ini masih mencari alternatif lokasi lain.

“Kita sedang cari alternatif tempat di samping Palangkaraya, tempat yang paling suitable yang paling bagus,” ujarnya.

Ketika pers menyinggung lebih jauh lokasi mana saja yang dijadikan alternatif pemindahan Ibu Kota RI, mantan Menteri Koordinator Perekonomian itu enggan membeberkan.

“Belum, belum (tahu). Kamu jangan ngomong gitu dong, kita masih cari tempat,” katanya.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi juga angkat bicara soal wacana pemindahan ibu kota. Dalam pernyataannya, malah muncul tafsir bahwa Presiden Jokowi sesungguhnya sudah menolak Palangkara sebagai lokasi ibu kota yang baru.

Johan mengemukakan, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Palangkaraya, banyak masyarakat yang meminta agar presiden merealisasikan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya.

Johan mengatakan, Palangkaraya belum siap menjadi ibu kota negara. Maka dari itu, Presiden meminta Kepala Bappenas mengkajinya secara mendalam. Apalagi, kata Johan, pemindahan ibu kota negara harus pula atas persetujuan DPR.

Berdasarkan pernyataan ini, maka nama Palangkaraya sesungguhnya sudah ditolak atau setengah ditolak oleh Jokowi.

Lalu kemana ibu kota negara akan dipindahkan. Daerah mana yang diperintah oleh Jokowi unytuk dikaji oleh bappenas? Nama itu belum belum diungkap atau masih dirahasiakan oleh Presiden Jokowi []

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here