Jumat Besok MK Putuskan Nasib Pemakzulan Presiden Korsel

0
99
Awak media menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi yang bersidang terkait pemecatan Presiden Korsel pada 5 Januari 2017 lalu

Nusantara.news, Seoul – Nasib Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye benar-benar di ujung tanduk. Jumat besok, Mahkamah Konstitusi Korsel akan mengumumkan keputusan terkait pemakzulannya.

Keputusan itu, ungkap pejabat MK Korsel, Rabu (8/3) sore kemarin, akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi.

Pemakzulan Presiden Park Geun-hye sudah diputuskan parlemen Korsel pada Desember lalu. Park dituding terlibat skandal korupsi. Namun pemakzulan itu, berdasarkan konstitusi Korsel, mesti disetujui oleh MK setempat.

Tuduhan utama yang dihadapi Park adalah ia berkolusi dengan sahabat lamanya, Choi Soon-sil, untuk memaksa konglomerat-konglomerat Korea Selatan menyumbangkan dana sebesar 70 juta dolar untuk dua yayasan yang dikelola Choi bila ingin mendapat perlakuan yang menguntungkan.

Selain itu juga ada dakwaan terkait kelalaian Park dalam menangani bencana feri Sewol tahun 2014 yang menewaskan lebih dari 300 orang, dan terkait usaha Choi memanfaatkan hubungan dekatnya dengan Park untuk untuk memungkinkan anak perempuan Choi masuk sebuah universitas bergengsi.

Park telah menyatakan ia tidak bersalah, dan tidak pernah mengambil keuntungan dari jabatannya. Ia juga menyatakan tidak tahu-tahu menahu mengenai kegiatan ilegal yang diduga dilakukan teman-teman dan bawahannya.

Jika mahkamah mendukung keputusan parlemen, Park akan menjadi presiden pertama yang terpilih secara demokratis namun dihentikan dari jabatannya. Jika Park dihentikan, pemilu presiden baru akan berlangsung dalam kurun waktu tidak lebih dari 60 hari. []

Sumber : Voice of America

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here