Juni, PDIP Jatim Buka Penjaringan Bacagub

0
121

Nusantara.news, Surabaya – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur akan membuka kesempatan pembukaan untuk menjaring bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilkada Jawa Timur 2018. Sesuai rencana, penjaringan Bacagub dan Bacawagub PDIP akan dilaksanakan pada awal Juni 2017, mendatang.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari menyebut, awal Juni 2017 DPD PDIP menjadwalkan pembukaan penjaringan Bacagub dan Bacawagub untuk Pilkada Jawa Timur. Mengacu Surat Keputusan No 4 tahun 2015, masing-masing DPC akan mengusung dua nama, bisa Bacagub atau Bacawagub.

“DPD PDIP akan melakukan penjaringan melalui DPC-DPC untuk menyampaikan bakal calon. Bulan Juni itu bertepatan dengan Bulan Bung Karno jadi rasanya pas kalau dibuka penjaringan untuk calon pemimpin Jatim ke depan. Hasilnya, akhir Juni sudah bisa dikirim ke DPP,” ujar Sri Untari, Jumat (5/5/2017).

Penjaringan selain dilakukan melalui DPC se Jawa Timur, DPD PDIP juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar.

“DPD PDIP juga memberikan kesempatan pendaftaran untuk para akademisi, pengusaha, mantan birokrat dan lainnya. Kami membuka lebar yang ingin maju lewat PDIP. DPD sifatnya hanya menjaring, dan yang menentukan adalah DPP,” tegas ketua Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur yang asal Malang ini.

Dan, PDIP Jawa Timur berharap bisa menggandeng partai-partai lain untuk berkoalisi mengusung pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil. PDIP juga tidak akan memaksakan diri jika di internal partai tidak ada calon yang cocok. Diharapkan calon yang muncul adalah tokoh yang mendapat dukungan rakyat.

Untari mengatakan, instruksi partainya adalah untuk menjaring tokoh eksternal yang mendapat dukungan rakyat. Memiliki track record bagus dan memiliki perhatian kepada rakyat Jawa Timur dan punya visi ke depan.

Pihaknya juga memberikan peluang kepada partai politik lain untuk berkoalisi. Pembicaraan serius di antaranya dilakukan dengan PKB.

Sementara, di internal PDIP Jawa Timur sejumlah nama kader disebut-sebut akan ikut meramaikan Pilgub Jatim. Di antaranya, Kusnadi (Ketua DPD PDIP Jatim), Sri Untari (Sekretaris PDIP Jatim), Budi “Kanang” Sulistyo (Wakil Ketua PDIP Jatim dan Bupati Nganjuk), Tri Rismaharani (Walikota Surabaya) dan Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi).

Ditambahkan, bisa saja ada nama kader yang tidak masuk penjaringan namun, direkomendasikan oleh DPP untuk maju di Pilgub Jawa Timur. “Jika ada kader tidak ada dalam penjaringan tapi direkomendasikan, berarti masuk dalam mekanisme penugasan,” terangnya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here