Kabupaten Bondowoso Masih Menjadi Daerah Tidak Layak Anak

0
168

Nusantara.news, Bondowoso – Kabupaten Bondowoso masih sulit keluar dari status sebagai daerah yang belum ramah untuk kehidupan anak-anak. Hal tersebut diutarakan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Eka.

Menurutnya, permasalahan Bondowoso masih belum menjadi kabupaten layak anak terletak pada belum adanya kesepahaman visi diantara stakeholder atau pemangku kebijakan.

“Permasalahannya ada pada stakeholder. Diantara para stakeholder ini masih belum mempunyai satu kesepahaman bersama apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak,” ujarnya, Selasa (21/2/2017).

Lebih lanjut Eka mengungkapkan, meskipun Pemerintah Kabupaten Bondowoso telah mengalokasikan dana bagi perlindungan anak melalui alokasi Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), hal itu tidak akan maksimal jika sinergitas antar stakeholder masih belum terbentuk. 

“Jika APBD itu sudah terintegrasi, maka permasalahan ini saya yakin akan selesai. Masalahnya kan belum,” tegasnya.

LPA menyayangkan jika selama ini pemerintah Kabupaten Bondowoso belum memprioritaskan program perlindungan anak dalam realisasi pembangunan daerah. Untuk itu, pihak LPA akan terus mengupayakan dan mendorong pemerintah untuk menempatkan program perlindungan anak sebagai salah satu prioritas utama dalam pembangunan.

Ada beberapa sektor yang menjadi prioritas pemerintah. Namun, untuk perlindungan anak belum menjadi prioritas,” tutupnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here