Kalau Nyono Ikut Pilkada Gubenur, Dua Tokoh ini Siap Berkompetisi di Jombang

0
550

Nusantara.news, Jombang – Pilkada Jombang tahun 2018, tinggal setahun lagi. Calon muncul lebih mengincar posisi mendampingi Nyono W Suharli Bupati sekarang. Untuk maju Bupati, mereka masih menunggu Bupati ikut kontestasi Pilgub Jatim.

Memperhatikan perolehan kursi DPRD Jombang hasil Pileg 2014 dengan komposisi PDI-P(9), PKB(8), Golkar(7), Demokrat(6), PKS(5), PPP(4), PAN(3), Nasdem(2), dan Hanura(2). Tidak ada yang memiliki kursi 20% (10 kursi) atau lebih. Sehingga  tidak satu partai politik pun yang bisa mengajukan calon tanpa berkoalisi.

Sekalipun demikian beberapa tokoh terutama yang memiliki basis ormas NU, sudah berani unjuk gigi. Hal ini wajar sebab Jombang sebagai basis  NU. Tercatat sudah 2 kadernya yang disebut-sebut bakal maju dalam Pilada 2018.

Wakil Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, yang berasal PPP  saat ini sering konsolidasi massa di bawah terumata kalangan Muslimat, dimana ia menjadi Ketua PC Muslimat Jombang. “Usia memang sudah tua, tapi kalau diberi kesehatan dan umur panjang saya siap maju lagi di pilkada,” kata Mundjidah pertengahan tahun lalu dalam sebuah kesempatan.

Rupanya Mundjidah mengantisipasi Bupati Nyono yang juga ketua DPD I Golkar Jawa Timur ikut bertarung dalam Pilgub Jawa Timur. Terlebih majunya Nyono sudah disetujui Ketua Umum DPP Partai Golkar Setyo Novanto. Maka, kendati usianya sudah 68 tahun, Mundjidah tak kalah gesit bergerak memanaskan mesin politiknya.

Wakil Ketua DPRD Jombang Subaidi Mukhtar yang juga ketua DPC PKB Jombang, meski partainya menyiapkan sejumlah kader untuk maju dalam Pilkada mendatang, pria yang akrab di sapa Pak Sub itu juga menyatakan siap jika diberi amanah.”Sebagai kader PKB saya siap ditugaskan disegala medan. DPC PKB Jombang, pasti akan mengambil peran penting dalam pilkada 2018,” katanya beberapa waktu lalu.

Partai berlambang bola dunia yang menjadi pemenang pemilu kedua dengan jatah 8 kursi di DPRD Jombang menjadi salah satu modal menggerakkan kekuatan politiknya. Bahkan, saat ini komunikasi lintas Parpol sedang dibangun. “Secara kelembagaan PKB telah membangun komunikasi politik dengan berbagai kekuatan sosial politik, termasuk dengan berbagai Parpol di Jombang,” lanjutnya.

Disinggung pola hubungan partainya dengan NU yang selalu disuarakan, Pak Sub mengatakan hubungan tersebut bersifat historis, ideologis dan aspiratif. “Seperti itulah pola membangun hubungan kami. NU – PKB itu ibarat dua sisi dari mata uang yang sama. Bedanya PKB punya ladang perjuangan politik,” pungkasnya.

Untuk membangun kekuatan memenangkan pertarungan di Pilbup nantinya, PKB-PPP masih dimungkinkan berkoalisi karena dua partai tersebut tokohnya berasal dari kader NU. Meski demikian, dalam kontestasi politik semua kemungkinan masih bisa terjadi.

Hingga kini, bursa bakal calon bupati Jombang terus bermunculan. Termasuk bupati Nyono yang saat ini menjadi Ketua DPD Golkar juga masih dimungkinkan untuk maju kembali dalam Pilkada mendatang. Terlebih DPD Golkar Jombang, jabatan yang dulu di pegangnya sekarang sudah dialihkan kepada Isterinya.

Meski saat ini Nyono juga digadang-gadang partainya bertarung dalam perebutan kursi Gubernur Jatim.

Serta yang tidak boleh dilupakan PDI-P sebagai partai pemenang pemilu juga tidak bisa dianggap remeh. Yang patut diperhatikan jika konsolidasi dinasti Suyanto, Bupati yang menjabat 2 periode antara tahun 2003-2013 berhasil, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan adiknya yakni Sadarestu atau yang akrab dipanggil mbak estu. sekarang jadi anggota DPR pusat dari PDI-P.

Namun memperhatikan Peta Politik, yang  merata. Serta dinamika Pilgub Jatim, mengingat 2 tokoh politik Jombang yakni Halim Iskandar dan Nyono W Suharli, menjadi ketua PKB dan Golkar untuk tingkatan Jatim.  apapun yang terjadi di Jawa Timur akan berimbas kepada Jombang.

Semisal Bupati Nyono tidak ikut konstestasi Pilgub, serta partai Golkar berkoalisi dengan PKB di Pilgub. Bisa dipastikan Nyono akan jadi calon tunggal dalam pilkada jombang. Kalaupun ada lawan ya dari independen seperti Pilkada Lamongan, pilkada Tuban dan lainnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here