Kasus Belum Juga Terselesaikan, Menghambat Pembangunan Pasar Kasin, Malang

0
311
Tampak Pasar Kasin (Sumber: Simon)

Nusantara.news, Kota Malang – Polemik permasalahan terkait pembangunan pasar di Kota Malang tidak ada habis-habisnya. Setelah ditelisik ternyata terkuak banyak sekali permasalahan terkait pembangunan/revitalisasi pasar.

Beberapa waktu lalu, warga disuguhkan konflik pasar yang berkepanjangan yakni Pasar Dinoyo dan Merjosari, kemudian disusul sengketa investor dan pihak pemerintah terkait pembangunan Pasar Belimbing, hingga 7 tahun belum juga selesai permasalahannya.

Indikasi korupsi pada revitalisasi Pasar Kasin beberapa waktu lalu, yang ditaksir diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 192 juta ini kemudian diminta untuk segera diselesaikan. Agar pembangunan dan perbaikan infrastruktur dapat dengan cepat dilaksanakan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, meminta untuk kasus dugaan kasus Pasar Kasin dapat segera diselesaikan “Karena apabila lama-lama dibiarkan akan menghambat pembangunan, lagi-lagi masyarakat yang rugi karena banyak infrastruktur rusak dan harus diperbaiki,” ujarnya.

Ia kembali menjelaskan permasalahan Pasar Kasin,  “Saya dengar kontraktornya ditahan. Kami selalu bekerja sama tentang apa-apa yang dibutuhkan jaksa, misalnya keterangan,” ujar Wahyu kepada wartawan, Selasa (6/6/2017).

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek revitalisasi Pasar Kasin tahun 2015. Keempat orang itu terdiri tiga orang pegawai di lingkungan Pemkot Malang (bekas pegawai Dinas Pasar), dan seorang kontraktor.

Kontraktor proyek itu baru ditahan sepekan lalu. Sedangkan lainnya sudah ditahan karena juga menjadi tersangka dalam dugaan proyek fitkif di Dinas Pasar tahun 2014. Kedua kasus ini ditangani jaksa Kejari Kota Malang sejak tahun 2016.

Revitalisasi Pasar Kasin tahun 2015 memakai dana APBD Kota Malang tahun 2015 sebesar Rp 922 juta. Dalam pengerjaannya diduga ada tindakan korupsi antara lain berupa penggelembungan harga, juga pengurangan material, dan spesifikasi barang tidak sesuai di rencana belanja.

Kasus dugaan korupsi itu menghambat pengerjaan proyek tersebut hingga molor selama 2 tahun. Hal tersebut yang kemudian dikeluhkan oleh pedagang. “Banyak dinding yang bocor, selokan dan irigasi yang mampet kalo hujan bisa banjir pasarnya,” ujar Yanto salah satu pedagang ayam Pasar Kasin.

Ia berharap Pasar Kasin bisa segera diperbaiki. “Segera diperbaiki, kasus-kasus yang ada harus cepat diselesaikan, kalo gini terus pedagang dan pengunjung juga akan tidak nyaman apabila berkunjung ke Pasar,” kesalnya.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here