Kejagung Siapkan Jaksa Andal Sebagai Pengacara Siti Aisyah

0
292
Siti Aisyah yang bersama rekannya asal Vietnam dituduh melakukan pembunuhan berencana terhadap Kim Jung-nam

Nusantara.news, Jakarta – Kini Siti Aisyah bersama rekannya asal Vietnam Doan Thi Huong sudah menjalani satu kali persidangan sebagai terdakwa pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Padahal, sesuai keterangan Aisyah saat dijenguk pejabat KBRI di Kuala Lumpur, dia mengaku direkrut untuk program reality show di televisi. Tapi ternyata tindakan yang harus dilakukan berujung terbunuhnya Kim Jung-nam, kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jung-un.

Untuk itu, Kejaksaan Agung RI telah menyiapkan dua jaksa andal yang nantinya akan mendampingi Siti Aisyah dalam persidangan di Pengadilan Malaysia.

“Atas permintaan Kementerian Luar Negeri, Kejagung sudah menyiapkan jaksa yang andal dan berpengalaman,” ungkap Kepala Biro Hukum Kejagung Chairul Amir di Jakarta, Jumat (17/3) sore.

Toh demikian Chairul enggan membeberkan siapa nama kedua jaksa yang akan diberangkatkan ke Kuala Lumpur. Nantinya kedua Jaksa itu akan mendampingi Siti Aisyah sebagai pengacara negara dalam proses hukum, termasuk persidangan.

Pada sidang pertama sebelumnya, Rabu (1/3) yang lalu, Siti Aisyah didampingi Tim Perlindungan WNI dari KBRI Kuala Lumpur. Pada persidangan itu hanya ada agenda pembacaan tuntutan jaksa setempat.

Dalam dakwaannya Jaksa Penuntut Umum setempat mendakwa Siti Aisyah dengan pasal pembunuhan berencana yang ancaman hukumannya, maksimal hukuman mati.

Dalam persidangan itu, Tim Pengacara yang dipimpin Arrmantha sudah mengajukan “gag order” kepada Majelis Hakim. Gag order adalah permohonan agar penyidik tidak menyampaikan hasil penyidikan kepada public agar tidak mengganggu proses hukum yang sedang berjalan. Permohonan iti telah dikabulkan oleh Majelis Hakim.

Persidangan Siti Aisyah selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 13 April di Pengadilan yang sama. Untuk itu Arrmantha sudah menyiapkan materi pembelaan yang membuktikan Siti Aisyah tidak bersalah.

Selain itu, Tim Pembela juga akan memastikan bahwa Siti Aisyah diadili secara adil. “Prinsipnya Siti tidak bersalah sampai benar-benar dinyatakan bersalah,” tandas Arrmantha.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here