Kembangkan Produk CSR, DPRD Gelar Hearing Dengan PTPN dan Perbankan

0
124

Nusantara.news, Jember – Telah diterbitkanya Perda CSR sejak tahun 2015 membuat pihak legislatif Jember aktif mendorong PTPN 11 dan 12 serta perusahaan perbankan agar program CSR yang dilakukan tepat sasaran dan berdampak positif bagi penerima manfaat. Untuk itu, pada hari Kamis (2/3/2017) DPRD Jember sengaja mengundang Pihak PTPN serta Perbankan untuk membahas tentang realisasi program CSR ke depan.

Dalam acara dengar pendapat itu, Manajer PTPN 11 Banjarsari Mulyadi melaporkan, jika selama ini program dan produk CSR yang disalurkan kepada masyarakat Jember mengacu pada arah dan kebijakan CSR Pusat, karena aturan dasarnya dibuat oleh manajemen kantor sentral.

“Dana CSR perusahaan cukup besar dan program-programnya mengacu pada instruksi perusahaan pusat, karena kita memang harus mengacu pada peraturan yang ada. Di sisi lain, dalam menyusun rencana dan implementasi program CSR masing-masing perusahaan di Jember pasti disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, seperti PTPN yang kebanyakan programnya dibelikan sapi dan perbankan yang sering menyalurkannya ke masyarakat desa tertinggal,” ungkapnya.

Mulyadi menambahkan, ketika ingin menyelaraskan program CSR di berbagai perusahaan, langkah yang harus ditempuh adalah membentuk forum CSR antar perusahaan. Menurutnya, pembentukan forum semacam itu akan memudahkan koordinasi dan penyelarasan program CSR. “Untuk itu kita bisa mencontoh Banyuwangi yang terbukti sukses dalam pelaksanaannya,” tegasnya.

ulyadi berharap forum yang dibentuk dapat dijadikan sarana untuk melakukan pendataan secara valid atas kebutuhan masyarakat. Hasil pendataan ini kemudian akan disesuaikan dengan program CSR perusahaan. Dengan begitu, forum ini diharapkan bisa menghasilkan output program CSR yang berkualitas, relevan dengan masalah serta mampun membawa kebaikan bagi masyarakat.

Sementara itu, ketua DPRD Jember Thoif Zamrani mengungkapkan, jika legislatif menginginkan agar perusahaan, baik BUMN maupun swasta, dapat mengembangkan CSR yang bermanfaat bagi masyarakat Jember. “Salah satu tujuan digelarnya pertemuan ini adalah untuk memunculkan kepedulian dari BUMN dan perusahaan swasta di Jember terkait bantuan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here