Khofifah Tingkatkan Penerima Bantuan PKH di Kota Malang

0
43
Khofifaf Indar Parawansa

Nusantara.news, Kota Malang – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menggelontorkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Sukun Kota Malang, Minggu (12/11/2017).

Program ini digelontorkan dalam rangka menekan angka kemiskinan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Program disalurkan langsung oleh Menteri Sosial Khififah kepada keluarga miskin di Kota Malang.

Dalam kesmepatan itu, Khoffifah mengatakan, tahun depan penerima bantuan PKH akan bertambah, hal ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menekan kemiskinan di Kota Malang.

“Penerima bantuan PKH di Kota Malang tahun depan akan bertambah, bukan berarti semakin tinggi dan menjadi potret buruk. Namun, ini adalah langkah dan upaya dari kementrian yang serius menangani masalah kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat di beberapa titik daerah,” jelasnya kepada Wartawan.

Khofifah menjelaskan, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan menambah jumlah penerima bantuan PKH sebanyak 4 juta keluarga, dari yang semula 6 juta penerima menjadi 10 juta penerima di tahun 2018.

“Bantuan PKH itu bukan berarti masyarakat di Kota Malang angka kemiskinannya meningkat. bahwa jumlah ditingkatkan karena PKH tersebut merupakan salah satu bentuk dan upaya pemerintah agar lebih dekat dan memiliki wawasan,” ujarnya.

Penambahan terhadap 4 juta penerima PKH itu didasarkan pada Basis Data Terpadu (BDT). Sampai saat ini dalam BDT masih tercatat sebesar 11 persen penerima dari ketentuan awal sebesar 40 persen.

Apabila tahun depan ada penambahan sebanyak 4 juta penerima bantuan PKH yang baru, maka PKH akan tembus 15,6 persen. Ia menegaskan agar pemerintah daerah turut memantau pergerakan data dari BDT.

“Kami berharap pemerintah daerah turut mengawal program ini, yang juga berkenaan dengan kesejahteraan masyarakat di daerahnya juga,” pungkas wanita berhijab tersebut.

Sedangkan, khusus untuk Kota Malang, penambahan diberikan kepada 1.800 keluarga. jadi total penerima bantuan PKH untuk warga Kota Malang tahun depan.mencapai sekitar 8.000 keluarga penerima

“Sampai detik ini ada 6.200 penerima PKH, jika tahun depan administratifnya selesai diurus dan final, maka akan bertambah sekitar 1.800 an penerima baru,” jelas Khofifah.

Selain itu, Khofifah menambahkan terkait bantuan sosial lain dari Kemensos adalah BPNT sebanyak 18.689 KK, bantuan sosial disabilitas sebanyak 23 jiwa, dan bantuan sosial lanjut usia sebanyak 50 jiwa. Keseluruhan bantuan tersebut mencapai Rp 36,5 miliar. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here