Kinerja Dinas PTSP Jember Belum Maksimal, Pemodal Enggan Berinvestasi

0
150
Banyak pengusaha atau calon investor yang kurang sreg berinvestasi di Jember karena masih bertele-telenya proses perizinan usaha. akibatnya, banyak investor yang lari dan berinvestasi di daerah lain.

Nusantara.news-Jember, Sejak di bentuk beberapa waktu yang lalu, kinerja Pelayanan Dinas Penanaman Modal dinilai belum memuaskan oleh beberapa pihak. Wakil ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jember, Budi Wicaksono menilai Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jember tak kunjung membaik.

Pihaknya berpendapat jika prosedur pengurusan perijinan masih memakan waktu yang cukup lama, sehingga berdampak dengan banyaknya investor mengurungkan niat dan enggan untuk berinvestasi di Kabupaten Jember.

Kepada sejumlah wartawan, Budi berujar jika dirinya telah berulangkali menerima keluhan dari para pengusaha yang ingin mengurusi atau memperpanjang ijin usahanya yang memakan waktu hingga berbulan-bulan. “Bahkan sebagian di antara mereka hingga kini belum juga terbit ijinnya tanpa ada penjelasan dari Dinas PTSP,” ungkap Budi, Selasa (20/6/2017).

Menurutya, persoalan pelayanan publik di dinas tersebut berdampak terhadap perekonomian masyarakat Jember. Salah satu dampak negatif yang terasa langsung adalah hilangnya peluang adanya lapangan pekerjaan baru sebagai efek dari penanaman modal.

“Pasalnya, investor menganggap iklim investasi diJember tidak kondusif sehingga mereka beralih menanamkan investasinya di daerah lain,” tegas dia.

Untuk itu, dirinya berharap jika instansi tersebut segera melakukan pembenahan agar harapan untuk menggerakan perekonomian melalui investasi pengusaha segera terlaksana. “Dinas Penanaman Modal dan PTSP Jember segera berbenah, sehingga waktu pengurusan proses perijinan dapat diperpendek, ijin kasihan masyarakat yang memiliki usaha,” tambahnya.

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here