Koalisi Enam Parpol Singkirkan PDIP dalam Pemilihan Pimpinan AKD Situbondo

0
111

Nusantara.news- Situbondo – Pemilihan ulang pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Situbondo berlangsung dalam tensi tinggi. Koalisi enam fraksi berhasil menyingkirkan PDIP dari peluang meraih posisi pimpinan AKD.

Peta politik dewan berubah ketika koalisi enam partai menyapu bersih posisi penting di AKD.  Enam Fraksi ini antara lain Fraksi PKB, Fraksi PPP, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Hanura-Nasdem (Hanas), serta Fraksi Gerakan Indonesia Sejahtera (GIS), yang merupakan gabungan Partai Gerindra dan PKS.

Menurut Sekretaris Komisi III Fraksi Partai Golkar, Ahmad Busairi terbentuknya koalisi enam partai menjadi hal yang mengejutkan karena awalnya fraksi PPP tidak masuk dalam perhitungan. “Keenam fraksi berbagi kursi, karena memang hanya ada enam pimpinan AKD diperebutkan,” ungkapnya.

Mekanisme pemilihan pimpinan AKD sendiri dilaksanakan dalam rapat paripurna. “Reposisi pimpinan AKD merupakan amanah Undanag-Undang yang harus dilakukan di pertengahan periode masa jabatan anggoat DPRD. Sesuai ketentuan pemilihan Ketua Komisi, Wakil Ketua dan Sekretaris, dipilih sendiri melalui Komisinya masing-masing,” ungkap Ketua DPRD Situbondo Bashori Shanhaji.

Menurut Wakil Ketua DPRD Zeiniye terbentuknya koalisi dalam pemilihan alat AKD bersifat sementara dan tidak tetap. Menurutnya dalam konteks politik sifatnya sangat dinamis dan peta politik dapat berubah dalam sekejap.

“Koalisasi Fraksi di DPRD bukan berarti berkoalisi dengan pemerintah,  karena di dalamnya ada partai pengusung Pemerintah, seperti PKB dan Hanura. Semua garis kebijakan politik Fraksi di DPRD, akan kembali kepada partainya masing-masing,” Ujar Zeiniye.

Zeiniye menegaskan bahwa masuknya Fraksi PPP ke dalam barisan koalisasi, hanya untuk kepentingan reposisi alat kelengkapan dewan. Anggota dewan dari Fraksi PPP akan tetap menjalankan tupoksi sebagai anggota DPRD, yaitu melakukan pengawasan, pengangaran dan legislasi.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here