Koalisi Naga Kiai Kampung untuk Gus Ipul

0
443

Nusantara.news, Surabaya – Dua petinggi partai politik (Parpol) baru saja bertandang ke Provinsi Jawa Timur (Jatim). Keduanya adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Lawatan mereka ini berkaitan erat dengan kontestasi Pilgub serta 18 Pilkada serentak di Jatim yang akan dihelat pada 2018 nanti.

Megawati berada di Jatim selama dua hari di dua wilayah. Pada hari Minggu (10/9/2017) dia melakukan konsolidasi internal kader partai di Malang. Konsolidasi digelar secara tertutup di Hotel Ijen Suite. Kemudian Senin (11/9/2017) dia melanjutkan konsolidasinya di kediaman Walikota Tri Rismaharini (Risma) di Surabaya. Dalam konsolidasi itu dihadiri beberapa kepala daerah, salah satunya Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistiyono.

Sementara itu, Cak Imin datang ke Surabaya pada keesokannya, Selasa (12/9/2017). Dalam kunjungannya, Cak Imin kembali menegaskan jika proses komunikasi politik PKB dengan beberapa partai sedang berlangsung. Komunikasi yang dimaksud adalah merajut koalisi untuk memunculkan nama pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang sudah dideklarasikan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) dari PKB.

Kendati Cak Imin enggan menyebutkan partai apa saja yang didekati, tapi saat ini PKB memiliki kans kuat untuk berdampingan dengan PDIP. Salah satu faktornya adalah kedekatan Gus Ipul dengan PDIP. Apalagi, kedekatan itu juga berusaha ditampakkan Gus Ipul saat ikut menyambut kedatangan Megawati di Surabaya.

Keinginan PKB berkoalisi ini mengingatkan dukungan “Koalisi Naga” yang pernah digagas oleh Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FKKJT). Istilah “Koalisi Naga” dicetuskan oleh kelompok para kiai NU non-struktural sebagai wujud politik aliran yang disebutnya paling ideal di Jatim: Nasionalis-Agama (Naga).

Ada naga hijau dan naga merah. Naga hijau direpresentasikan sebagai Cagub Gus Ipul dari PKB. Sementara naga merah sebagai Cawagub Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistiyono dari PDIP. Seberapa kuat dorongan koalisi jika dilihat dari konsistensi dan sepak terjang Kiai Kampung dalam kancah politik Pilgub Jatim? Berikut ini jurus-jurus akrobatik Kiai Kampung hingga akhirnya memutuskan dukungannya pada Gus Ipul. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here