Kota Batu Bukan Lagi Daerah Pertanian dan Perkebunan

0
386

Nusantara.news, Kota Batu – Kota Batu adalah sebuah wilayah yang terkenal sebagaui kota agraris. Komoditas utama wilayah tersebut ada pada sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Namun, waktu beralu orientasi pembangunan mulai berubah. Kota Batu yang memiliki letak geografis strategis untuk kawasan pertanian, hari ini mulai berubah. Hal tersebut terlihat dari realitas pembangunan besar – besaran di sektor perumahan, pariwisata, tempat hiburan dan lainnya.

Dokumen Kota Batu Dalam Angka 2016 (KBDA 2016), dalam bab klasifikasi pekerjaan masyarakat Kota Batu tampak jelas orientasi pembangunan Kota Batu bergeser dari yang seharusnya fokus di sektor agraris, kini paling fokus ke sektor industri dan jasa.

Dalam data tersebut terlihat bahwa, pekerjaan masyarakat Kota Batu lebih didominasi oleh bidang Jasa sebanyak 55.007 jiwa pekerja, disusul 27.697 jiwa bekerja di pertanian dan 18.266 jiwa pekerja industri.

Sumber: Dokumen Kota Batu Dalam Angka 2016

Badan Pekerja Malang Corruption Wacth, Mayedhaa Adifrista menyebutkan, Kota Batu sudah bergeser dari ruh sejatinya. Kota Batu yang dikenal sebagai daerah pertanian dan perkebunan, kini membangun sektor usaha yang justru menggerus lahan – lahan basah milik petani.

Hariadi, salah satu warga Bumi Aji menuturkan,  Kota Batu sudah tidak seperti yang dulu. Sekarang banyak café, perumahan, tempat hiburan dan lainnya, banyak warga yang sudah beralih pekerjaan ke sektor jasa. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here