KPPU Duga Ada Kartel di Balik Melambungnya Harga Cabai

0
136

Nusantara.news, Kota Malang – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) masih terus menyelidiki dugaan kelompok produsen yang melakukan permainan harga cabai yang melambung tinggi mencapai Rp 120.00 – 140.000 per kilogram.

Kepala Pengawas Persaingan Usaha, Muhammad Syarkawi Rauf mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan sejak pertengahan Januari kemarin, antara lain dengan melakukan sidak langsung ke sejumlah pasar.

KPPU juga telah melakukan sidak di beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Makassar dan Kalimantan. “Kita ingin memantau secara langsung berapa harga cabai di tingkat petani dan pedagang,” ujar Syarkawi.

Hasil sidak, menurut Syarkawi, ada ketidakwajaran pada harga cabai saat ini karena berkisaran antara Rp 120.000 sampai Rp 140.000 per Kg.  “Ini yang menimbulkan dugaan adanya kartel atau adanya kelompok tertentu yang memainkan harga cabai. Ini sangat tidak wajar, harga bisa melambung seperti itu.” ucapnya.

Namun sejauh ini, lanjut Sarkawi, dari hasil sidak yang dilakukan KPPU selama ini, setidaknya telah ditemukan beberapa fakta terkait kenaikan harga cabai. Antara lain, rantai distribusi yang terlalu panjang dan produksi tanaman cabai yang memang mengalami penurunan selama bulan Januari – Februari. “Kondisi ini juga yang membuat harga cabai tinggi,” ungkapnya

Meski sudah dilakukan sidak harga cabai, namun harga di pasaran pun tak kunjung turun. Sulaesih, salah satu pedagang di Pasar Besar Malang, mengungkapkan harga cabai rawit merah menyentuh sampai hari ini di pasaran Rp 120.000-an per kilogram. “Ya itu udah harga pasarannya segitu,” ungkapnya pada Nusantara.news, di Surabaya, Rabu (1/2/2017)

Sulaesih menambahkan sejak akhir tahun lalu harga cabai masih mahal. “Sebulan terakhir harga cabai naik turun di  kisaran Rp 90.000 – Rp 120.000 per kilogram. Untuk cabai rawit hijau Rp80.000 per kilogram dan cabai rawit merah juga naik Rp 60.000 per kilogram,” tandasnya.

Harapannya KPPU segera bertindak tegas terhadap kartel/kelompok produsen yang memainkan harga cabai agar masyarakat tidak dirugikan karena ulah oknum kartel yang tidak bertanggung jawab. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here