KPU: Hitung Cepat Tak Boleh Diumumkan Sebelum Pukul 15.00

0
258
Warga keturunan menjaga Tempat Pemungutan Suara di kawasan Peunayong, Banda Aceh, Senin, 9 April 2012. Sebanyak 1890 warga keturunan cina berpartisipasi dalam pemilihan gubernur dan walikota.

Nusantara.news, Jakarta – Acap kali diantara lembaga hitung cepat (quick count) berlomba adu cepat mengumunkan hasil sebelum pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00

Tapi kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang keras perhitungan cepat diumumkan saat asih berlangsungnya pemungutan suara. Hasil hitung cepat sebelum pemungutan suara memang dimungkinkan dengan cara exit polling, yaitu mewawancarai responden di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah selesai mencoblos.

Selain itu KPU menegaskan pengumuman hitung cepat hanya boleh dilakukan oleh lembaga survei dan atau jajak pendapat yang telah memperoleh izin dari KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, dan disiarkan paling cepat dua jam setelah pemungutan suara selesai si seluruh TPS.

“Kami harap proses quick count yang sekarang dilakukan tidak untuk mempengaruhi preferensi masyarakat, nanti saja quick count bisa diumumkan setelah proses pemungutan suara selesai,” beber Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta Pusat, Selasa (14/2).

KPU memandang, penghitungan cepat dapat mempengaruhi pertimbangan pemilih jika dilakukan pada masa pemungutan suara.

Oleh karena Ferry menghimbau masyarakat sabar menunggu pengumuman hasil resmi perhitungan suara versi KPU setempat. Penyelenggara Pilkada disebut akan melakukan proses perhitungan suara resmi yang dapat disaksikan hasilnya oleh masyarakat.

“Tim sukses mohon menahan diri, hasilnya akan diumumkan. Kami juga melakukan proses real count dengan sistem informasi perhitungan suara. Jadi seluruh masyarakat bisa mengakses website kami di pilkada2017.kpu.go.id silakan bisa dilakukan seoptimal mungkin untuk mendapatkan hasilnya,” katanya.

Hasil resmi Pilkada 2017 dapat diketahui dari pindaian Formulir DB1 atau DC1. Seluruh pindaian rekapitulasi suara dapat dilihat publik di laman Pilkada 2017.

Sebelum merilis hasil akhir, KPU akan melakukan hitung cepat berdasarkan hasil pindai formulir C1 di masing-masing TPS. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here