KPU Jatim: Berkas Syarat Pasangan Khofifah-Emil Lengkap

0
41
"Hasil pemeriksaan kesehatan, diteruskan kepada kedua perwakilan pasangan, sebagai Liaison officer (LO) pasangan Khofifah-Emil diterima oleh M. Roziqi"

Nusantara.news, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan perbaikan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur, untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak selesai dan lengkap. Pemenuhan kelengkapan itu sebagai bagian dari sejumlah syarat yang harus dilakukan oleh pasangan bakal calon yang maju di Pilgub Jatim 2018.

“Sudah melengkapi semua syarat calon yang harus mereka lengkapi,” terang Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto usai menerima kelengkapan berkas pasangan Khofifah-Emil di kantor KPU Jatim, di Surabaya, Sabtu (20/1/2018).

Setelah itu, sebagai tahap lanjutannya KPU Jatim akan melakukan penelitian hasil perbaikan sampai dengan 27 Januari 2018 dan menunggu penetapan pasangan calon pada 12 Februari 2018.

Tim Liaison Officer (LO) dari Khofifah-Emil, Hadi Mulyo Utomo ditemui di lokasi menuturkan, kehadirannya di KPU Jatim untuk melengkapi kekurangan berkas syarat calon yang telah diserahkan sebelumnya. “Dan, itu sebenarnya memang tidak terlalu banyak,” tambahnya kepada wartawan.

Disebutkan, ada tiga berkas yang diserahkan. Yakni tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemudian, surat keterangan bebas pajak (tax clearance) yang dikeluarkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP), serta daftar susunan tim kampanye.

“Itu syarat yang diwajibkan untuk dipenuhi dan sudah kami penuhi semua. Terkait kekurangan ini, memang dari awal kami tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu sulit untuk melengkapi,” katanya.

Baca juga: Pilgub Jatim, Ajang Adu Gagasan Tanpa Fitnah dan SARA

Hadi menambahkan, seiring dinamika hasil penelitian berkas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim juga menyarankan agar melengkapi penyempurnaan perubahan nama Khofifah dan Emil lewat penetapan pengadilan.

“Tadi sudah sudah kami penuhi. Sesuai penetapan pengadilan, nanti pakai nama Bu Khofifah Indar Parawansa dan Pak Emil Elestianto Dardak,” terangnya.

Dengan demikian, tandas Hadi, urusan berkas syarat pencalonan maupun calon untuk pasangan Khofifah-Emil sudah clear alias lengkap.

“Secara komulatif berkas persyaratan hasil perbaikan sudah cukup. Telah dipenuhi sesuai dengan arahan, nasihat dan peraturan perundang-undangan”

“Dari komisioner KPU, Pak Arbayanto menyatakan, secara komulatif berkas persyaratan hasil perbaikan sudah cukup. Sudah dipenuhi sesuai dengan arahan, nasihat dan peraturan perundang-undangan,” paparnya.

Sehingga, KPU Jatim memberinya tanda terima resmi dokumen perbaikan (model TT.2-KWK) pasangan calon atas nama Khofifah-Emil. “Itu yang menjadi tolok ukur bahwa berkas kami sudah memenuhi syarat untuk diterbitkan tanda terima,” ujarnya.

Sementara terkait susunan tim kampanye sampai kabupaten/kota atau kecamatan, Hadi menegaskan, sebenarnya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 hanya memberikan sebuah hak.

“Tidak ada kewajiban. Jadi terserah kita, bisa mencantumkan atau tidak. Tentunya kami akan mengkaji terlebih dahulu, apakah diperlukan urgensitas untuk mencantumkan sampai pada level kabupaten/kota atau kecamatan. Kami punya waktu menyusun paling lambat satu hari sebelum masa kampanye tiba,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU Jatim menyatakan dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memenuhi persyaratan, sesuai rekomendasi hasil tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter dari RSUD dr Soetomo.

“Kedua pasangan dinyatakan sehat jasmani, rohani serta bebas narkotika,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Sebelumnya, sesuai persyaratan kedua pasangan telah mengikuti tes dan pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Januari 2018.

Baca juga: Dua Jenderal Turun, Jadi Jurkam di Pilgub Jatim 2018

Hasil pemeriksaan kesehatan, kemudian diteruskan kepada kedua perwakilan pasangan, yang diterima oleh Wahyu Hakim sebagai Liaison officer (LO) yang bertugas sebagai penghubung antar lembaga tim dari pasangan Gus Ipul-Puti serta dari pasangan Khofifah-Emil diterima oleh M. Roziqi.

Serangkaian tes dan pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon yang maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dilakukan oleh tim terdiri sejumlah pihak, yakni dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim, serta sebanyak 103 tenaga medis dari RSUD dr Soetomo.

KPU Jatim Gerakan Coklit Serentak

“Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak 2018 digelar di Surabaya, Sabtu (20/1/2018)”

Sementara, rangkaian kegiatan KPU Jatim berikutnya dilakukan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak 2018 di Kota Surabaya, Sabtu (20/1/2018). Secara nasional, Gerakan Coklit Serentak juga dilakukan di 34 provinsi di Indonesia, bertujuan agar KPU mendapatkan data pemilih yang akurat dan komprehensif.

Hadir dalam Gerakan Coklit Serentak diantaranya Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, Ketua Bawaslu RI Abhan, Ketua DKPP RI Hardjono dan Walikota Surabaya Tri Risma Harini.

Gerakan Coklit Serentak diawali dengan digelar apel kesiapan di Balai Kota Surabaya. Diikuti oleh peserta, tidak hanya dari KPU Jatim dan KPU Kota Surabaya, tetapi juga dari Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sejumlah undangan.

Usai apel, seluruh penyelenggara Pemilu yang hadir dan tamu undangan bersama-sama menuju kediaman Kartolo (seniman), di Jalan Kupang Jaya Surabaya. Di rumah tokoh ludruk Suroboyoan itu, petugas melakukan Coklit sekaligus sebagai pertanda dimulainya Gerakan Coklit Serentak.

Dari kediaman Kartolo rombongan penyelenggara Pemilu termasuk KPU RI mendatangi kediaman mantan Gubernur Jatim Imam Utomo, di Margorejo Indah Surabaya. Hal yang sama juga dilakukan, yakni petugas datang untuk melakukan Coklit.

“Terakhir ditutup dengan proses penyerahan rekor Muri, sekaligus rangkaian video conference di aula lantai II kantor KPU Jatim,” terang Kabag Program, Data Organisasi dan SDM KPU Jatim, Suharto.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here