KPU Jatim Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih

0
71
Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro (Foto: Tudji)

Nusantara.news, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur terus melakukan sosialisasi jelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengajak kepada masyarakat untuk ikut menyukseskan hajat lima tahunan itu secara menyeluruh. Serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Termasuk kepada wartawan pihaknya juga mengajak untuk ikut menyampaikan dan menyebarluaskannya.

“Peran media massa baik cetak elektronik dan siber sangat dibutuhkan untuk bisa menyampaikan informasi Pilgub 2018 akan datang. Menjadi bagian dari kalangan yang membantu menyosialisasikan semua tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU,” terang Gogot, Minggu (29/10/2017).

Terkait itu, KPU Jatim di antaranya juga menggelar olehraga bersama yakni dengan jalan sehat yang diikuti oleh masyarakat, serta menggelar media gathering.

Di kesempatan itu, KPU Jatim juga meminta masukan dari wartawan untuk memunculkan ide dan gagasan demi suksesnya pesta demokrasi. Serta penyaluran hak pilih yang dimiliki oleh masyarakat untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Pilgub Jatim 2018 nanti.

“Peran teman-teman wartawan yang lebih dekat dan bersentuhan langsung dengan publik, sangat penting bagi kami untuk membantu melakukan sosialisasi Pilgub 2018,” ajaknya.

Gogot menyebut, ada dua hal penting yang menjadi fokus KPU dalam melakukan sosialisasi, yakni untuk keluarga serta warga netizen. Media dan netizen memiliki akses penting untuk ikut menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat, khususnya soal pilkada serentak.

Media massa berbasis internet, kata dia, menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk ikut membantu menyampaikan pesan dan sosialisasi yang menjadi tugas KPU. Pihaknya juga berharap, komunikasi yang terbangun dengan insan media akan menjadi modal kekuatan untuk mewujudkan suksesnya demokrasi khususnya untuk menyalurkan hak pilih di Pilgub Jatim.

Berbagai program pun kemudian muncul untuk membantu pelaksanaan sosialisasi, misalnya akan digelar di berbagai mall, yang akan ditentukan kemudian. Penyampaian program yang digelar di mall atau pusat keramaian dipandang sebagai hal positif, lantaran pusat belanja merupakan kerumunan orang yang bisa gampang dijumpai. Program akan tersampaikan dengan waktu yang relatif singkat dan cepat.

Selain masyarakat, keberadaan keluarga juga tak kalah penting untuk membantu suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden. Masih kata Gotot, pihaknya berharap di setiap keluarga selain muncul kesadaran memberikan untuk menyalurkan hak pilihnya, juga ikut menyampaikan berbagai informasi soal pilkada kepada masyarakat luas.

Peran keluarga menjadi sangat penting untuk ikut menyampaikan informasi kepada para tetangganya. Minimal, lanjutnya, ikut memberikan informasi kepada ke warga sekitar untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilih.

Sebelumnya, masih seputar penyampaian informasi untuk masyarakat agar ikut berperan aktif dalam Pilkada Serentak 2018, KPU Jatim juga menggelar berbagai kegiatan, di antaranya dalam bentuk pengumpulan massa dengan jumlah besar, melalui jalan sehat.

Selain masyarakat umum yang ikut berjubel mengikuti jalan sehat, juga tampak hadir Ketua KPU RI Arif Budiman, Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, Wakil Ketua Komisi Komisi II DPR RI Fandi Utomo, anggota DPD RI Ahmad Nawardi, Kabiro Administrasi Pemerintahan Setdaprov Jatim Anom Surahno, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan jajaran lainnya.

“Ini awal dari kesiapan kita, KPU Jatim khususnya untuk menghadapi pemilihan kepala daerah serentak dan pemilu nasional. Harapannya masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan,” kata Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam.

Ditegaskan, kalau KPU Jatim khususnya, siap 100 persen untuk melaksanakan tugas-tugasnya, menggelar pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan Pilpres 2019. Berbagai hal telah dilakukan, mulai dari proses tahapan, penganggaran serta memulai melaksanakan penyampaian berbagai informasi kepada masyarakat.

Berikut 18 daerah kabupaten dan kota di Jatim yang menggelar pemilihan kepala daerah serentak, yakni:

1. Kabupaten Lumajang
2. Kabupaten Bondowoso
3. Kabupaten Probolinggo
4. Kota Probolinggo
5. Kabupaten Pasuruan
6. Kota Malang
7. Kabupaten Nganjuk
8. Kabupaten Jombang
9. Kota Kediri
10. Kota Madiun
11. Kabupaten Madiun
12. Kabupaten Magetan
13. Kabupaten Tulungagung
14. Kota Mojokerto
15. Kabupaten Bojonegoro
16. Kabupaten Bangkalan
17. Kabupaten Sampang
18. Kabupaten Pamekasan

Selain pemilihan kepala daerah di kabupaten dan kota, di Jatim juga digelar pemilihan gubernur, yakni akan digelar pada 27 Juni 2018.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here