Lalu Lintas Kota Malang Semrawut Akibat TL tak Berfungsi

0
159
ilustrasi Kemacetan, Traffic Light tidak berfungsi (Sumber: George)

Nusantara.news, Kota Malang – Keberadaan Traffic Light (Lampu Merah/TL) di jalanan guna untuk mengatur lalu lintas jalannya kendaraan di jalan. Apa jadinya apabila Lampu Merah di setiap sudut persimpangan jalan tidak berfungsi, maka setiap kendaraan akan berjalan dengan ego sendirinya.

Apabila tidak berfungsi akan terjadi kemacetan, karena ketidakteraturan lalu lintas dan kendaraan bermotor di jalan raya. Terlebih lagi akan terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa. Oleh karena itu, dengan ini keberadaan TL sangat penting dan berarti di jalan raya.

Di Kota Malang banyak TL yang tak berfungsi. Hal ini mengakibatkan arus lalu lintas terjadi terhambat, terjadi penumpukan kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan,apalagi pada  pagi dan sore hari.

Sutrisno, warga Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang mengungkapkan bahwa memang kerap terjadi kemacetan di beberapa titik akibat tidak berfungsinya TL “Khususnya di pertigaan sumbersari kerap beberapa waktu lali, kadang berfungsi kadang tidak. Beberapa pekan lalu sempat tidak berfungsi sehingga mengakibatkan kemacetan, akhirnya warga yang tanggap menjadi sukarela pengatur lalu lintas,” jelasnya kepada Nusantara.news, (23/5/2017)

Ia menambahkan juga ada beberapa titik yang jalan di Kota Malang yang perlu di pasang TL “Ada beberapa titik yang mulai padat, dan pribadi saya mungkin bisa dipasang lampu merah agar bisa teratur lalu-lintasnya, contohnya depan Toko Sardo tersebut mulai padat apabila sore hari,” imbuh pria berumur 49 tahun tersebut

Selain itu, ia menjelaskan beberapa TL yang sering tidak berfungsi di antaranya di kawasan Rampal, Blimbing, dan Madyopuro. “Apalagi pertigaan SMK 6 Madyopuro. Dua TL yang berada pun kerap kali tidak berfungsi sama sekali selama beberapa hari.”

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi mengatakan, banyaknya TL yang tak berfungsi itu dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya kelalaian masyarakat yang kurang peduli dengan fungsi TL itu sendiri.

“Bahkan, ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang sengaja melepas atau mencabut POG TL sehingga membuat TL mati tidak bisa berfungsi sama sekali,” jelas Kusnadi.

Banyaknya TL yang mati juga disebabkan kurangnya pemantauan Dinas Perhubungan setempat, sehingga tidak terawat dengan baik.

[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here