Lantik Mahasiswa (PTIK-STIK), Polri Gelar Napak Tilas Palagan Jumerto

0
85

Nusantara.news, Jember – Peristiwa Palagan Jumerto merupakan salah satu aksi heroik polisi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk mengingat jasa-jasa mereka di masa lalu, Kepolisian Republik Indonesia menggelar napak tilas peristiwa Palagan Jumerto berbarengan dengan pelantikan Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisisan (PTIK-STIK).

Kapolri Tito Karnavian membuka acara napak tilas yang mengambil rute Kecamatan Sukorambi sampai Desa Jumerto Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Tito mengungkapkan jika acara napak tilas dilakukan untuk mengenang aksi heroik para pahlawan di zaman perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

“Napak Tilas ini dimaksudkan untuk mengingat kembali bahwa Polisi saat itu selalu bersama-sama dengan TNI dan masyarakat, dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Jember Jawa Timur dan sekitarnya,” ungkapnya, Senin (27/2/2017).

Tito menambahkan jika acara ini juga dilaksanakan untuk mengenal lingkungan sekitar, karena dalam menjalankan tugas Polri selalu berinteraksi dengan TNI dan dekat dengan rakyat. “Dalam menjalankan tugas, Polri harus selalu dekat dengan TNI dan rakyat,” ujarnya.

Tito memberikan pesan kepada mahasiswa ilmu kepolisian agar menjalankani tugas dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Kegiatan Napak Tilas Palagan Jumerto ini dihadiri oleh Forkompimda Jember, Kapolda Jatim, Dan Korps Brimob, Kapolres dijajaran Polda Jawa Timur, Kapolda Jawa Tengah, Bupati Sidoarjo, Bupati Jombang, Kajati Jawa Timur. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here