Lebaran Kedua, Tol Jakarta-Cikampek Masih Macet

0
83
Masih banyak pemudik yang memanfaatkan lebaran hari kedua terjebak macet di tol Jakarta-Cikampek

Nusantara.news, Jakarta – Suasana lebaran hari kedua, di sejumlah jalan utama mudik lebaran masih diwarnai kemacetan. Kemacetan terutama disebabkan antrean di pintu tol, rest area, jalan menyempit dan pasar tumpah.

Pantauan Nusantara.news menunjukkan, jalur tol Jakarta-Cikampek termasuk yang masih padat kendaraan pemudik. Terutama di pintu tol Cikarang Utama, didapati antrean kendaraan hingga 10 km, sementara kendaraan merayap untuk dapat menembus puntu tol.

Suasana macet sebenarnya sudah terlihat di tol Jakarta arah Cikampek sejak malam lebaran hari pertama pukul 21.00. Ekor antrean kendaraan menuju Cikampek sudah nampak di Cawang dan Jati Kramat JORR. Antrean sedikit mencair pada pukul 02:00 dinihari, masuk lebaran kedua.

Kondisi semakin sepi hingga pukul 06:00 lebaran kedua. Namun memasuki pukul 06:30 hingga berita ini ditulis eskalasi kepadatan kembali terjadi. Namun tidak sepadat pada lebaran hari pertama.

Sumber-sumber kemacetan di sepanjang tol Jakarta-Cikampek terutama terjadi di pintu tol Cikarang Utama, terjadi kepadatan kendaraan antara 2 km hingga 10 km. Selepas tol Cikarang Utama keadaan jalan lancar, namun di sekitar rest area kembali terjadi kemacetan karena adanya keluar masuk kendaraan ke rest area.

Untuk mengurai kemacetan sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek, petugas tol Jasa Marga memberlakukan kontra flow dari arah Jakarta ke Cikampek. Pada saat yang sama, petuga juga memberlakukan arus buka tutup untuk jalur tol Cikampek ke Jakarta.

Nagreg mengular

Antrean kendaraan juga terjadi di jalur selatan Jawa Barat pada hari kedua Lebaran mulai memanjang di kawasan Jalan Cagak Nagreg, Kabupaten Bandung, Senin (26/6/2017) pagi. Kendaraan tampak mengular di sepanjang jalur pantai selatan itu, terutama yang mengarah ke Jawa Tengah.

Hingga pukul 08.30 WIB, arus kendaraan pada dua lajur macet di jalur mengarah Tasikmalaya atau Limbangan, Kabupaten Garut. Sedangkan jalur mengarah ke Kadungora-Garut Kota lancar dilintasi kendaraan roda empat dan dua.

Antrean kendaraan di jalur itu karena adanya penyempitan lajur dari dua menjadi satu lajur ke arah Limbangan. Arus kendaraan dari arah Nagreg menuju Limbangan tersebut harus antre bergantian memasuki satu lajur.

Antrean kendaraan juga terjadi di beberapa titik persimpangan jalan dan kawasan Pasar Limbangan. Selain di jalur Limbangan, antrean kendaraan juga terjadi di kawasan Kadungora.

Polisi memberlakukan buka tutup jalan di pertigaan jalan Kadungora-Cijapati, Kabupaten untuk mengatur laju kendaraan yang mengarah ke Garut Kota.

Menurut pantauan pandangan mata, jalur selatan di wilayah Garut terdapat beberapa titik rawan kemacetan seperti di Pasar Limbangan. Selain itu, antrean kendaraan disebabkan adanya persimpangan jalan hingga memperlambat laju kendaraan.

Pasar tumpah

Suasana macet juga terjadi di jalan arteri sepanjang Cikampek hingga Tegal, pemicu kemacetan terutama karena adanya pasar tumpah pada lebaran hari kedua. Pada lebaran hari kedua terdapat sejumlah pedagang sayur, ayam, daging, dan bumu-bumbu.

Sebagian pedagang pasar tradisional mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman. Sementara yang lainnya memilih belum berdagang, karena memprediksi sebagian besar konsumen sudah memiliki stok makanan yang cukup untuk kebutuhan dua hari Lebaran.

Sedikitnya ada lima pasar di jalur pantura yang masuk rawan macet pada musim mudik lebaran hari kedua, di antaranya Pasar Sukra, Patrol, Eretan, Cilet dan Pasar Parean. Kelima pasar itu mempunyai hari dan jam sibuk sendiri yang perlu diwaspadai oleh para pemudik saat melintasinya.

Pasar Sukra ini rawan macet hampir setiap hari dan biasanya mulai dari pukul 04.00 WIB sampai 09.00 WIB. Pasar Patrol juga sama dengan yang pasar Sukra dan kemacetannya pun diperkirakan jam itu juga.

Untuk tiga pasar lainnya mempunyai jadwal pasar dan tidak setiap hari beroperasi. Pasar Eretan pada Jumat, Pasar Cilet pada Ahad dan Rabu, sedangkan Pasar Parean pada Selasa. Untuk jam operasi ketiga pasar itu semua mulai dari pukul 04.00 WIB sampai 09.00 WIB. []

 

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here