Lebaran Sudah Dekat, Ini Moda Transportasi yang Mesti Diperhitungkan Pemudik

0
88
Sejumlah calon penumpang memadati terminal keberangkatan Bandara Adisucipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (14/4). Menurut Assosiation of Indonesian Tours and Travel Agency (ASITA), memasuki libur Paskah penjualan tiket pesawat melalui agen perjalanan mengalami kenaikan hingga 60 persen, untuk tujuan wisata utama Bali, Yogyakarta, dan Padang. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama/17.

Nusantara.news, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Minggu (25/6) nanti tinggal kurang dari dua bulan lagi. Bagi anda yang hendak mudik sudah mesti bersiap-siap dengan moda angkutan transportasi yang anda rencanakan sejak hari ini.

Pesawat Terbang

Naik pesawat udara memang tidak banyak membuang waktu di jalan. Persoalannya, berapa jumlah kebutuhan dan berapa kapasitas angkut moda transportasi ini? Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub memperkirakan jumlah penumpang pesawat lebaran 2017 mencapai 5,4 juta jiwa.

Untuk itu Kemenhub sudah menyiapkan 5,74 juta kursi untuk penerbangan arus mudik dan arus balik lebaran. “Padahal prediksinya hanya 5,4 juta kursi, jadi masih ada sisa 340 ribu kursi,”jelas Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (9/5) lalu.

Arus mudik dan arus balik lebaran diperkirakan berlangsung selama 27 hari. Untuk penerbangan mudik lebaran dilayani 532 unit pesawat yang separuhnya sudah dilakukan pemeriksaan. Diperkirakan 2 minggu sebelum lebaran pemeriksaan ramp check sudah tuntas. “Üntuk komponen yang belum lengkap kami harap segera dilengkapi agar keselamatan penumpang lebih terjamin,”ujar Agus.

Kereta Api

Bagi anda warga Jakarta atau Bandung yang merencanakan mudik ke Madiun dengan kereta api dan belum mengantongi tiket siap-siaplah gigit jari. Sebab seluruh jumlah tiket kereta api ke daerah operasional (Daops) VII Madiun baik regular maupun tambahan yang tersedia sejak H-7 dan H-8 sudah ludes terjual. Demikian ungkap Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun Supriyanto kepada wartawan.

Sejumlah calon penumpang kereta api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (14/4). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/17.

Begitu juga dengan arus balik dari Madiun ke arah barat. Tiket untuk tanggal 27 Juni, khususnya untuk tiket ekonomi semua sudah habis terjual. Pembelian tiket lebaran untuk kereta tambahan sudah dilayani PT KAI sejak 16 April lalu. Sedangkan untuk kereta regular sudah dibuka sejak 17 Maret lalu. Jadi berat juga peluangnya mendapatkan tiket kereta kalau belum mengantongi tiket.

Khusus untuk pemudik yang turun di Daops VII Madiun disediakan kuota 25 ribu tempat duduk untuk kereta api regular dan 6000 tempat duduk untuk kereta api tambahan. Total perjalanan kereta per hari untuk kereta regular mencapai 40 perjalanan dan kereta tambahan mencaai 12 perjalanan.

Seperti halnya pesawat terbang, Dirjen Kereta Api Kemenhub sejak 26 hingga 28 April lalu sudah menyiapkan segenap sumber daya manusia dan sarana maupun prasarana. Beberapa hal yang sudah dicek meliputi depo kereta, rangkaian kereta api dan lainnya. “Ada 12 personil dari Dirjen yang dibagi menjadi empat tim ditugaskan mengaudit seluruh persiapan Daops VII untuk menyongsong Angkutan Lebaran 2017,”terang Supri.

Untuk urusan Kereta Api daerah yang paling sibuk sudah pasti Daops I Jakarta. Bayangkan saja, jadwal perjalanan harian kereta api angkutan lebaran dari Daops I mencapai 67 kereta api dengan rincian 52 kereta api regular dan 15 kereta api tambahan. Keseluruhan tempat duduk yang disediakan per hari mencapai 50.282 dengan rincian 41.778 seat reguler dan 8.504 seat tambahan.

Puncak arus mudik diperkirakan H-3. Jumlah penumpang di hari itu di Stasiun Gambir diperkirakan 17.584 penumpang dan di Stasiun Pasar Senen mencapai 33.210 penumpang. Tahun ini PT KAI juga membuka posko pendaftaran motor gratis (motis). Saat berita ini ditulis tercatat sudah 13.423 dari total kapasitas 18.096 yang sudah mendaftar ke Posko Motis. Sedangkan untuk penumpang pemilik motor sudah terdaftar 25.244 dari total kapasitas 40.704 penumpang.

Memang agar lebih aman dalam mengakses tiket kereta api untuk ke depannya anda mesti sudah pesan paling tidak 3 bulan menjelang lebaran. Jadi kalau hingga berita ini ditulis belum ada tiket pastikan anda sudah mendapatkan moda transportasi angkutan lebaran lainnya.

Kapal Laut

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub selama Angkutan Lebaran yang dimulai 10 Juni hingga 12 Juli 2017 telah menyiapkan armada kapal laut sebanyak 1.278 unit dari berbagai trayek dan kapasitas angkut. Jumlah itu lebih banyak 5 unit dari tahun sebelumnya karena kehadiran 5 unit kapal perintis cadangan.

Penumpang menaiki Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 35 di Pelabuhan Jetty Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (30/4). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww/17.

Ribuan unit kapal yang sudah disiapkan itu terdiri dari kapal milik PT Pelni 26 unit, kapal Ro-Ro swasta 28 unit, kapal penumpang swasta 24 unit, kapal swasta jarak dekat 1049, armada perintis 96 unit dan juga perintis cadangan sebanyak 5 unit kapal.

Kemenhub juga mencatat, pemudik yang menggunakan kapal laut akan naik. Asumsinya adalah realisasi penumpang pada arus mudik tahun lalu mencapai 1.674.513 orang, mengalami kenaikan sebanyak 114.382 atau setara 7,33% dibandingkan realisasi 2015 sebanyak 1.560.131 penumpang. Tahun ini diprediksikan meningkat sekitar 3%.

Bagi anda warga Jakarta yang ingin menggunakan kapal laut memang perlu segera mengurus tiket sejak sekarang. Begitu juga bagi pemudik yang hendak menitipkan sepeda motor sebaiknya segera mencari informasi, khususnya yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang tahun ini juga menyelenggarakan angkutan motor gratis.

Bus dan Travel

Dirjen Perhubungan Angkutan Darat Kemenhub untuk Angkutan Lebaran 2017 juga sudah menyiapkan 48.790 bus yang terdiri dari bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun bus-bus Pariwisata.

Sejumlah angkutan bus antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi menunggu penumpang di Terminal Induk Bekasi, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/5). ANTARA FOTO/Risky Andrianto/kye/17

Pastikan bus yang anda tumpangi berasal dari perusahaan oto bus (PO) yang standar pelayanannya sudah teruji. Namun biasanya PO-PO seperti ini, meskipun harga tiketnya melambung di atas batas ketentuan pemerintah, penjulan tiketnya sudah habis sebulan menjelang lebaran. Dan pastikan pula, bus yang anda tumpangi tidak dioper ke bus pariwisata yang tidak jelas pemiliknya. Kalau pun bus pariwisata yang disewa agen bus, pastikan juga perusahaannya cukup terkenal.

Karena bisanya bus-bus pariwisata yang dimiliki individu dengan kepemilikan hanya 2 hingga 4 bus biasanya hanya bagus karoserinya namun uji kirnya tidak jelas. Dua kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata adalah dikarenakan rem blong dan tidak berfungsinya alat-alat vitas kendaraan.

Di sini merk perusahaan otobus memang penting diperhatikan untuk kenyamanan dan keselamatan anda di jalan. Begitu juga dengan Travel yang biasa menggunakan bus-bus sedang, searching saja travel regular yang sudah terbukti pelayanannya dengan menanyakan ke sejumah orang.

Kendaraan Pribadi

Bagi anda yang hendak mudik dari Jakarta menuju kota lainnya dengan jarak tempuh lebih 200 Km, pertama yang perlu anda persiapkan adalah stamina yang prima. Pastikan sebelum berangkat anda tidak terserang demam atau penyakit lain yang mengganggu perjalanan anda. Persiapkan juga bekal makanan dan minuman yang cukup untuk berjaga-jaga dari kemacetan panjang.

Dua pesepeda melaju di jalur busway untuk menghindari kemacetan yang disebabkan oleh proyek jalan bawah tanah atau “underpass” di Jalan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (11/4).

Mesin, ban, rem, lampu dan perangkat vital lainnya perlu dicek ke bengkel terdekat. Pastikan juga BBM penuh siapa tahu baru keluar kota sudah dihadang kemacetan yang panjang. Apa bila lelah atau mengantuk lebih baik mencari tempat istirahat di rest area, SPBU atau posko-posko mudik lebaran yang diselenggarakan sejumlah instansi, pemerintah maupun swasta.

Tatkala terjebak macet total di perjalanan, pastikan mesin kendaraan tetap hidup saat menyalakan mesin pendingin (AC), sebab AC yang tetap hidup dalam kondisi mesin kendaraan mati selain akan membuat tekor fungsi elektrik kendaraan juga bisa mengubah zat karbon dioksida menjadi karbon monoksida yang sangat beracun.

Hati-hati untuk keluar dari pintu tol yang paling ujung, perhitungkan akses jalan sesudah tol apakah potensial membuat penumpukan ataukah sudah banyak alur jalan keluarnya. Tragedi di pintu keluar tol Brebes (Brebes Exit) tahun lalu sudah sepatutnya menjadi pelajaran berharga bagi pengguna mobil pribadi.

Untuk jarak tempuh di atas 100 Km tidak disarankan untuk mengendarai sepeda motor, meskipun mudik dengan sepeda motor tampak lebih leluasa dan memiliki akses transportasi yang murah di tempat tujuan untuk anjangsana ke rumah kerabat atau berwisata di kampung halaman. Lebih baik daftarkan motor anda ke angkutan motor gratis yang diselenggarakan PT KAI, PT Pelni dengan Kapal Laut, Parpol-Parpol atau perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan angkutan motor gratis.

Mengutip data tahun-tahun sebelumnya, korban kecelakaan lalu lintas selama musim mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya sebagian besar adalah pengendara sepeda motor. Kondisi fisik yang Lelah dan jalanan yang macet bisa membuat anda kehilangan konsentrasi di jalan raya. Sayangi diri anda dan keluarga dengan mudik yang nyaman dan aman.

Demikian himbauan kami dari nusantara.news. Ingat keselamatan anda di tangan anda sendiri, dan jangan terlalu bergantung kepada pemerintah yang tahun lalu gagal mengantisipasi tragedi Brebes Exite. Selamat bermudik. Semoga perjalanan anda nyaman dan selamat sampai tujuan. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here