LSM Internasional Mentranformasi Ilmu kepada Petani Banyuwangi

0
180

Nusantara.news, Banyuwangi – Untuk menambah pengetahuan mengenai sektor pertanian, puluhan petani di Kabupaten Banyuwangi gelar sharing informasi dengan John Deere Foundation yang bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia.

Kegiatan yangdilaksanakan dengan tema Promoting Organizations that Work to Empower Rice Farmers (Power) itu digelar di sawah dan tiga rumah warga Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, Selasa (28/2/2017).

Andi Ikhwan, Direktur Program Pertanian dan Layanan Keuangan Mercy Corps Indonesia menyatakan, acara tersebut dilaksanakan untuk memberikan transformasi ilmu tentang penguatan kelembagaan petani, manajemen keuangan, pemasaran dan mekanisasi pertanian.

“Kegiatan ini didanai Foundation dengan tujuan menjadikan Poktan (kelompok tani) dan Gapoktan lebih kuat dan mampu membantu petani meningkatkan produkstivitas,” ungkap Andi.

Herry Budi, Manajer Konstruksi Operasi John Deere Fondation Asia Tenggara, menyatakan, jika volunteer (relawan) yang berasal dari Indonesia, Amerika, Austria, Kanada, Inggris, Malaysia, India, Singapura dan Thailand merupakan merupakan karyawan John Deere.

Herry menembahkan, jika forum transfer ilmu merupakan hal yang penting digelar, karena LSM bidang pertanian luar negeri memiliki cukup banyak pengalaman dan kapabilitas dalam pengembangan sektor pertanian.

“Kami juga membantu kelompok tani terhubung dengan akses permodalan melalui KUD, memberikan modul pengetahuan pertanian serta membangun hubungan penjualan hasil panen,” ujar Herry.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Keuangan Kabupaten Banyuwangi, Pudjo Hartanto, dalam sambutannya mewakili Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas  mengungkapkan, kondisi pertanian di wilayahnya sedang mengalami tren kenaikan. Indikasi kenaikan itu bisa dilihat dari surplus produksi sekitar 500 ribu ton per tahun. “Ke depan kita akan menghadapi masalah alih fungsi lahan sawah. Maka kita harus meningkatkan produktivitas sawah-sawah kita,” tegas Pudjo. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here