Manuver PKS Kota Malang, Rapatkan Barisan Dukung Petahana

0
51
DPD PKS Kota Malang di Musda PKS Jawa Timur

Nusantara.news, Kota Malang – Mendekati penghujung tahun 2017, berbagai partai telah menyiapkan ancang-ancang strategi serta manuver haluan politiknya untuk menghadapi tahun 2018, yakni diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak. Kota Malang menjadi salah satu daerah yang menyelanggarakan gelaran pesta demokrasi tersebut.

Menghadapi Pilkada Kota Malang mendatang, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang dikabarkan akan merapatkan barisan dukungan ke petahana. Partai dengan 3 kursi di DPRD Kota Malang ini, jika berkoalisi dengan PKB yang notabene memiliki 6 kursi di DPRD Kota Malang dirasa sudah mencukupi untuk mendaftarkan pasangan calon walikota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Joko menyebutkan, rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sudah turun dan resmi untuk mengusung petahana. “Alhamdulillah Rekom dari DPP PKS sudah turun. PKS resmi usung H. Mochamad Anton untuk maju sebagai Calon Walikota di Pilkada Malang,” jelasnya.

Lepas turunnya rekom dari DPP, partai akan melakukan kerja-kerja taktis seperti konsolidasi massa, koordinasi dengan jajaran di DPC dan kader serta dalam waktu dekat akan memberikan berkas rekom kepada Anton.

Selanjutya, rencananya PKS akan mendeklarasikan secara resmi calon petahana, H. Moch Anton, pada Selasa (hari ini).

Hal tersebut, disampaikan langsung Ernanto Joko Purnomo dalam diskusi bertajuk di Kopilogi Cafe, Sabtu (9/12/2017) lalu. “Selasa rencananya kami akan deklarasikan dukungan kepada Abah Anton,” kata Ernanto Djoko Purnomo.

Pihaknya menjelaskan jika keputusan partai mengusung Sang Petahana karena M Anton dinilai melakukan pembangunan yang semakin meningkat dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Dengan itu, Majelis Syur’o mendukung petahana untuk turun kembali mencalonkan diri sebagai Walikota Malang periode 2018-2023.

Sejauh ini dalam perjalanannya, DPD PKS Kota Malang selalu mewarnai setiap helatan Pilkada Kota Malang, terutama dalam dua periode terakhir. Pada Pilkada tahun 2008, PKS mengusung nama Achmad Subhan sebagai bacalon wali kota melawan calon petahana kala itu, Peni Suparto. Perolehan suara Achmad Subhan pada Pilkada itu juga dibilang tidak sedikit, karena menjadi runner up membuntuti suara calon petahana.

Lalu, pada Pilkada 2013 kemarin PKS kembali mewarnai pilkada dengan menjalin koalisi dengan Demokrat dam Hanura. Dalam Pilkada tahun 2013 tersebut, PKS mengusung Arif HS sebagai calon wakil wali kota mendampingi Agus Dono Wibawanto dari Partai Demokrat. Akankah dukungan dari PKS dapat menguatkan dan mengamankan posisi Sang Petahana dalam mempertahakan kekuasaannya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here