Masih Menjamur Bangunan Tak Punya SLF di Kota Malang

0
153
Tampak Landscape Kota Malang (Sumber: IlMalang)

Nusantara.news, Kota Malang – Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah persyaratan resmi bahwa bangunan dianggap telah memenuhi persyaratan kelaikan untuk difungsikan.

Aspek kelaikan tersebut meliputi kenyamanan, kemanan serta keindahan dan terkait bangunan ramah lingkungan. Tujuannya, agar masyarakat, baik pengunjung maupun penghuni gedung, tidak celaka dan merasa nyaman saat berada di dalam gedung. Oleh karena itu, SLF menjadi persyaratan penting sebelum memanfaatkan gedung yang sudah selesai dibangun.

Kota Malang mewajibkan setiap bagunan memperoleh SLF sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah tentang bangunan yang harus mengantongi SLF.

Namun, sampai detik ini, hanya 17 bangunan saja yang miliki SLF dari ratusan bangunan yang ada di kota bunga tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang, Hadi Santoso menyebutkan, beberapa bangunan yang telah mengantongi SLF di antaranya Gedung DPRD Kota Malang, Hotel Ibis,  Hotel Harris, MOG, Kantor Kejaksaan Malang, Baiduri Ballroom, Alice Tea Room, Ruko PT. Chandra Wijaya Sakti, Kantor PT. Anugerah Citra Abadi, Perkantoran Terpadu, dan Kantor BCA Basuki Rahmat.

“Rumah sakit, yang akan segera terbit SLF-nya adalah Panti Nirmala. Sementara sebanyak 100 lainnya sedang dalam proses. Selebihnya masih belum,” kata Hadi Santoso kepada wartawan.

 

Hadi menekankan pentingnya uji SLF bagi setiap bangunan. Sebab, sebuah bangunan akan diuji berbagai hal untuyk kemananan, termasuk hal yang paling sepele, yaitu titik kumpul jalur evakuasi yang selama ini dipandang biasa saja oleh masyarakat. []

 

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here