Masyarakat Harus Aktif Cegah Krisis Air Bersih

0
132

Nusantara.news, Kabupaten Malang – Wilayah Kabupaten Malang Bagian Selatan, secara struktur geografis berada di permukaan garis pantai selatan. Daerah tersebut setiap musim kemarau, atau pada proses peralihan musim kerap megalami bencana kekeringan dan krisis air bersih.

Kerap kali warga setempat menggunakan cara tradisional, dalam menghadapi fenomena ini. Dengan peralatan sederhana masyarakat setempat menggunakan bak mengandalkan air hujan sembari bantuan dari pihak Pemkab datang. Pasalnya akses menuju daerah yang dilanda kekeringan itu juga cukup menempuh waktu lama.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menghimbau agar masyarakat bisa lebih ikut menjaga lingkungan, terutama menjaga air. Terutama juga memberikan beberapa antisipasi alternatif untuk menyiasati datangnya fenomena kekeringan dan krisis air bersih.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaduratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono mengatakan peran serta masyarakat dalam menjaga air di wilayahnya sangat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting mengingat  hal tersebut merupakan salah satu bentuk atau langkah pencegahan aktif jika ada musim kemarau berkepanjangan.

“Agar tidak ketergantungan terhadap pihak pemerintah kabupaten, dan masyarakat setempat bisa mandiri menghadapai bencana tersebut. Tetap kami berikan bantuan dan arahan, namun juga kita dorong perlahan untuk mandiri,” ungkap Bagyo kepada wartawan.

Ia juga menghimbau untuk menghemat air dan menjaga kelestarian lingkungan setempat. “Daerah kekeringan mari kita hemat air, kemudian daerah yang banyak air mari kita tanam, mari kita hijaukan kembali tanaman yang sifatnya menyerap air,” ujarnya.

Bagyo menambahkan, jika di suatu wilayah terdapat mata air atau sumber air, masyarakat diminta untuk turut merawat serta menjaga ekosistem yang ada. “Karena merawat dan menjaga itu lebih susah. Pihak Pemkab Malang berusaha semaksimal mungkin, melakukan antisipasi dan bantuan tapi alangkah indahnya kalau masyarakat sekitar ikut berpartisipasi bersama,” imbuhnya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here