Mayoritas Desa di Situbondo Belum Memiliki BUMDes

0
144

Nusantara.news, Situbondo – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo mengeluarkan imbauan agar para kepala desa segera membentuk BUMDes. Saat ini baru ada 22 desa dari 132 desa yang memiliki BUMDes. Dengan demikian, masih ada 110 Desa belum memiliki BUMDes. Pemerintah memiliki ekspektasi bahwa BUMDes akan menjadi salah satu penggerak ekonomi di tingkat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suradji mengungkapkan, jika pihaknya memiliki pekerjaan rumah untuk segera membentuk 110 BUMDes se-Kabupaten Bondowoso. Langkah pembentukan BUMDes menjadi sebuah keharusan karena menjadi bagian dari instruksi Gubernur Jawa Timur.

“BUMDes diharapkan jadi pusat perekonomian masyarakat. Pembentukan BUMDes membuka peluang usaha, sesuai potensi desa masing-masing. BUMDes juga bisa jadi pemasaran produk ekonomi kreatif masyarakat,” ujarnya, Sabtu (18/3/2017).

Untuk menyelesaikan persoalan ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan mungumpulkan kepala desa dan melakukan sosialisasi tentang pentingnya pembentukan BUMDes. Pihaknya berharap upaya sosialisasi BUMDes mampu memberi dampak signifikan agar instruksi gubernur tersebut terpenuhi.

“Kami akan menyampaikan kepada seluruh Kepala Desa. BUMDes bisa menggunakan modal Alokasi Dana Desa atau bantuan Dana Desa (DD).  Dengan modal yang tak terlalu besar, tahun 2016 lalu sudah ada BUMDes,  menyumbang pendapatan ke desa 5 juta melalui laba bersih hasil usahanya,” tegasnya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here