MCW Temukan Banyak Pelanggaran di Pilkada Kota Batu

0
68

Nusantara.news, Kota Batu – Pilkada Kota Batu yang berlangsung Rabu (15/2/2017) lalu telah usai. Berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) dari beberapa lembaga survei, pasangan nomor 2 Dewanti Rumpoko – Punjul Santoso berhasil meraih suara terbanyak dengan prosentase 40% lebih, disusul oleh Paslon nomor urut 1, 3 dan 4.

Namun, Malang Corruption Watch (MCW) menilai, bahwa masih banyak ditemukan indikasi kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan semua calon. Indikasi kecurangan tersebut diperoleh berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh MCW bersama dengan tim relawan pilkada yang sengaja dibentuk untuk memantau jalannya Pilkada Kota Batu.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh MCW bersama dengan Relawan Pilkada, telah ditemukan beberapa pelanggaran, yang berasal dari pengaduan warga. Bentuk kecurangan antara lain, di beberapa titik dijumpai money politic dengan berbagai macam modus, seperti pembagian kerudung, sarung, uang, sembako yang dilakukan oleh semua pasangan calon.

Pelanggaran lain adalah keterlibatan oknum aparatur sipil negara dalam mengkampanyekan dan memobilisasi massa untuk salah satu paslon. Pada proses pemungutan dan pemilihan ada jeda 10 – 15 menit sebelum proses penghitungan suara yang dilakukan secara tertutup di TPS 25 dan 26.

Juga ada sejumlah TPS yang menunjukkan bukti pencoblosan (lubang) secara terbalik, sehingga foto tidak terlihat, hanya terlihat kertas putih yang terdapat lubang
Mayedha Adhifirsta dari Badan Pekerja MCW mengungkapkan, masih banyak lagi praktik kecurangan pada Pilkada Kota Batu 2017 ini. “Banyak temuan yang kami himpun,” ujar Mayedha, Kamis (16/2/2017).

Ia menambahkan, beberapa temuan tersebut mencederai demokrasi. Mayedha menyesalkan Panwaslih yang kurang jeli melihat anke kecurangan yang terjadi. Ia berharap Panwaslih lebih jeli dan sigap bertindak dalam melihat hal – hal yang sebenarnya sepele, namun mencederai esensi demokrasi. “Kami berharap Panwaslih lebih jeli dalam melihat kecurangan yang sepertinya kecil,” katanya. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here