Membendung Ekonomi Liberal, Aisyiyah Rintis Sekolah UKM

0
142

Nusantara.news, Sidoarjo – Aksi besar-besar 4 November 2016 dan 2 Desember 2016 yang dipicu ulah Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, memunculkan fakta lain,yakni besar potensi ekonomi umat Islam di Indonesia. Hal ini memperlihatkan bahwa sebenarnya umat Islam di negeri ini punya potensi untuk mandiri secara ekonomi. Tentu saja dengan dasar-dasar islami.

Berangkat dari pemikiran itu serta melawan agresi ekonomi liberal yang terbukti hanya menguntungkan segelintir orang, muncul upaya untuk membentuk gerai dan sekolah usaha kecil menengah (UKM). Wacana ini jika bergulir lancar, akan memberi dampak sangat besar karena melibatkan peran ormas Islam dan Pondok Pesantren se-Jawa Timur.

Ketua  Pengurus Daerah Aisyiyah Sidoarjo, Zubaidah Syafi’i, menegaskan tujuan mulia ini akan terwujud jika seluruh umat muslim di Indonesia bersatu. “Umat Islam di Indonesia begitu besar. Sayangnya, sebagian besar hanya jadi penonton, bahkan hanya jadi obyek, bukan subyek dalam urusan ekonomi,” katanya  ketika menjabarkan acara Silaturahim Akbar bertema “Sinergi Membangun Ekonomi Berbasis Komunitas”, yang akan digelar selama dua hari, 18-19 Maret 2017 di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Menurut dia, acara itu akan diisi dengan kajian-kajian ekonomi termasuk potensi umat Islam di Jawa Timur. “Itu akan jadi awal langkah. Kita harapkan nanti akan terbentuk manusia yang tangguh dan bisa jadi subyek dalam hal perkembangan ekonomi di negeri ini, khususnya di Jawa Timur,” ungkap Zubaidah.

Acara itu juga diharapkan menjadi wahana siIaturahmi dan sinergi seluruh lembaga Islam dan pondok pesantren, baik itu di Jawa Timur maupun Indonesia. “Seluruh pimpinan organisasi Islam, seluruh unsur pimpinan Muhammadiyah, pemangku pondok pesantren juga merupakan bagian utama dari acara siIaturahmi ini. Silaturahmi ini menjadi tonggak awal dalam menciptakan sinergi di bidang ekonomi yang pada gilirannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum,” tutup istri Ketua PD Muhammadiyah Sidoarjo tersebut. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here