Menko Kemaritiman Tinjau PT PAL dan Terminal Teluk Lamong

0
155

Nusantara.news, Surabaya – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan bertandang ke PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Senin (20/3/2017). Dengan didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf,  Luhut  melihat dari dekat kegiatan galangan kapal yang dikerjakan oleh anak negeri tersebut.  Luhut Pandjaitan diterima oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia Firmansyah Arifin dan stafnya.

Kunjungan Menko Kemaritiman  ini adalah untuk meninjau dan mengecek perkembangan proyek pembangunan alutsista baik yang sedang berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Salah satunya kesiapan infrastruktur dan sarana pembangunan kapal selam atas kerjasama dengan DSME, galangan kapal asal Korea Selatan.

Direktur Utama PT PAL, Firmansyah Arifin mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengerjakan fasilitas, infrastruktur dan melengkapi sarana pembangunan kapal selam yang merupakan kapal selam ketiga bagian dari tiga kapal selam pesanan Kementerian Pertahanan kepada galangan kapal asal Korea Selatan DSME untuk memperkuat alutsista milik TNI AL.

“Tak hanya itu, Sumber Daya Manusia (SDM) juga kami siapkan, kami telah mengirim tenaga ahli ke Korea Selatan guna melaksanakan Transfer of Technology (ToT) dalam pembangunan kapal selam ke satu dan ke dua di galangan kapal DSME ini. Dan, di sini sudah ada 206 orang gabungan karyawan senior dan junior yang siap mengerjakan,” ujar Firmansyah Arifin.

Sementara  Luhut mengatakan, PT PAL adalah andalan bangsa Indonesia dalam memproduksi kapal yang berkualitas internasional. Dikatakan, pemerintah mengapresiasi progress pembuatan kapal selam yang dinilai memuaskan.

“Saya turut bangga melihat progress yang luar biasa, PT PAL adalah embrio strategis bangsa ini dalam industri kemaritiman, khususnya bidang alutsista. Saya optimis akan ada karya-karya kapal lagi yang lebih canggih dan bagus kedepannya. Ini juga mendukung program Presiden yang ingin mengoptimalkan produk lokal daripada mengimpor,” kata Luhut.

Setelah melihat proyek kapal selam, Luhut Binsar, Gus Ipul dan Dirut PT PAL Firmansyah menuju ke bengkel Konstruksi Plat II Departemen Fabrikasi & Konstruksi Divisi Rekayasa Umum, kemudian dilanjutkan meninjau salah satu kapal buatan PT PAL yang sudah dioperasikan.

Usai meninjau PT. PAL Indonesia, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjahitan bersama Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf berkunjung ke PT  Dok dan Perkapalan Surabaya. Didampingi Dirut PT Dok dan Perkapalan Imam Sulistianto, kedua petinggi tersebut melihat beberapa produksi perkapalan yang berlokasi di ujung dermaga.

Mereka melihat dari dekat kondisi produksi yang dihasilkan oleh PT Dok dan Perkapalan. Di antaranya produksi kapal reparasi di floating I dan IV yang sedang memperbaiki Kapal Paradikma, KMP Reni, KMP SMS Swakarya dan KRI Nala. Rombongan juga berkesempatan melihat workshop konstruksi dan mesin.

Sebelum ke PT PAL dan PT DOK Perkapalan Surabaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, menyambut dan mengantar kunjungan kerja Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan ke kawasan Terminal Teluk Lamong, Surabaya. Di lokasi itu, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan melihat langsung fasilitas pelabuhan Teluk Lamong dan situasi tempat sejumlah kapal yang bersandar. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here