Mensos Tantang Bupati Trenggalek Turunkan Angka Kemiskinan

0
104
Mensos Khofifah Indar Parawansa di Trenggalek.

Nusantara.news, Trenggalek – Inovasi-inovasi daerah diharapkan jadi langkah cerdas pemerintah menurunkan angka kemiskinan. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi terobosan Bupati Emil Dardak yang targetkan angka 1 digit jumlah warga miskin di Kabupaten Trenggalek.

“Saya menantang bupati untuk sinergikan inovasi menurunkan warga miskin di Trenggalek dengan program Kementerian Sosial,” kata Khofifah dalam sambutannya ketika meresmikan posko Gertak (Gerakan Tengok ke Bawah untuk Kemiskinan), Selasa (18/4/2017).

Khofifah mengungkap peran daerah sangat penting karena yang paling tahu kesejahteraan warganya hanyalah daerah itu sendiri. Seperti istilah sedekah informasi yang sudah jadi program Emil di awal periode jabatannya. Gerakan ini dilakukan untuk membantu masyarakat lain yang sedang mengalami kesusahan atau Gertak.

“Kalau kita tidak punya uang untuk membantu, minimal sedekah informasi atau infak informasi, di sini ada anak terlantar, orang sakit dan orang kelaparan, ” terang Khofifah.

Masyarakat menyampaikan informasi tersebut tidak harus datang ke posko,  tetapi bisa disampaikan lewat aplikasi yang telah disiapkan posko.  Sehingga bisa membantu masyarakat yang mengalami kesusahan.

“Inovasi-inovasi dan kreasi serta kearifan lokal yang dilakukan pemerintah daerah luar biasa.  Maka multi efek dari program akan tercapai. Saya melihat proses yang dibangun Trenggalek melalui Gertak kita bisa melihat ke bawah. Serta kita bisa merasakan dan mengatasi masalah sosial yang ada,” ucapnya.

Khofifah menambahkan,  kondisi yang terbangun bisa menciptakan multi efek yang luar biasa. Hal ini dibenarkan Emil. Melalui kerjasama, zakat tiap tahun dari PNS Pemkab Trenggalek yang sebelumnya hanya berkisar Rp100 jutaan per bulan, kini bisa mencapai Rp400 jutaan. “Belum lagi ditambah dari sektor privat. Sehingga bisa dipastikan percepatan pengentasan kemiskinan akan tercapai karena negara memang harus hadir untuk sejahterakan rakyatnya,” katanya.[]

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here