Menteri Perdagangan Minta Jember Kembangkan Produk Lokal Unggulan

0
415
Kopi Jember

Nusantara.news, Jember – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menilai Kabupaten Jember merupakan wilayah yang memiliki beragam potensi unggulan yang melimpah. Menurutnya, potensi Jember terkenal sejak zaman dahulu, akan tetapi karena tidak adanya branding image maka produk mereka kalah terkenal dengan produk lain di luar negeri. Hal itu dikatakan Menteri Perdagangan dalam kunjungan kerja di Kabupaten Jember, Kamis, (16/3). Dalam kesempatan ini, menteri perdagangan sempat melihat potensi produk lokal yang dimiliki Kabupaten Jember.

“Jember memiliki potensi produk lokal yang sangat melimpah. Salah satu contoh produk tersebut semisal kopi Jember, yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Akan tetapi tidak pernah terekspos,” ungkapnya.

Untuk mengembangkan produk lokal tersebut, Menteri Perdagangan berjanji akan membantu pemberian modal kepada petani melalui kredit berbunga rendah dengan bunga pinjaman 9% dalam jangka waktu setahun.

Selain pemberian modal, Enggartiasto menghimbau agar pemerintah daerah menciptakan keselarasan antara Bupati dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam pengembangan produk lokal. “Ketika di daerah sudah kompak maka akan mudah juga terjadi sinergitas dengan program pemerintah pusat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Enggartiasto juga mengungkapkan bahwa pengembangan produk lokal menjadi penting demi menjaga aktivitas perdagangan Indonesia. Pengembangan produk lokal menurutnya menjadi bagian dari kepentingan pemerintah pusat untuk pengembangan komoditi ekspor dan juga perputaran komoditas pasar domestik. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here