Terpilih Aklamasi Pimpin Pemuda Pancasila Jawa Timur

Menunggu Rekomendasi La Nyalla untuk Pilgub 2018

0
93

Nusantara.news, Surabaya – Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terstruktur, Pemuda Pancasila (PP) punya modal militansi anggota dan simpatisan dalam menentukan sikap. Di Jawa Timur, setiap perhelatan pesta demokrasi agaknya juga tak lepas dari dinamika ormas yang didirikan sejak 1959 tersebut.

Pasca Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-7 PP di Surabaya, Selasa (21/3/2017), salah satu yang ditunggu publik, terutama menyangkut sejumlah nama atau figur yang selama ini muncul  sebagai calon kandidat dalam Pilgub) 2018 adalah arah rekomendasi PP. Arah politik PP tampak makin menguat dengan kembalinya La Nyalla M. Mattalitti memimpin Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Jawa Timur periode 2017-2022 setelah terpilih secara aklamasi.

Terpilihnya Ketua KADIN Jawa Timur ini dinilai banyak pihak menguntungkan posisi Saifulah Yusuf sebagai calon yang sudah 2 periode mendampingi  Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang merupakan pasangan gubernur-wakil gubernur yang mendapat dukungan PP. Namun bisa saja arah dukungan itu berubah.

Terlebih, pernyataan Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur Agus Muslim yang sebelumnya menegaskan, Pilgub 2018 akan jadi salah satu pembahasan dalam muswil PP, sekalipun belum dalam bentuk rekomendasi politik. Hanya saja, kriteria akan menjadi dasar bagi calon yang akan didukung dalam Pilgub 2018 mendatang. “Kan belum ada yang daftar, namun kita akan serahkan hasil pembahasan rekomendasi politik kepada ketua terpilih,” katanya kepada wartawan.

Karena itu, begitu Ketua MPC Kabupaten Pacitan Heriawan yang ditunjuk mewakili 38 MPC se-Jawa Timur dalam sidang pleno di Hotel Alana meminta La Nyalla kembali memimpin MPW PP Jawa Timur, pernyataan politik terkait dengan Pilgub Jatim 2018  ditunggu oleh banyak kalangan.  

Sayangnya, hingga pelantikan dihelat, termasuk pesan singkat Nusantara.news kepada La Nyalla, kriteria yang dimaksud masih tersimpan rapat. Sepertinya fokus upaya melepas stigma buruk PP selama ini akan menjadi langkah awal di masa kepemimpinannya. “Saya mengingatkan diri saya sendiri dan semua pengurus MPW PP Jawa Timur agar bekerja dengan tekad kuat dan rasa ikhlas. Karena tanpa itu semua, tidak akan pernah mencapai tujuan hakiki,” katanya.

Peran penting PP dalam konteks politik di Jatim memang tidak bisa dianggap enteng. Dengan taksiran, jumlah anggota dan simpatisan organisasi ini mencapai 100 ribu orang. Tentu tidak mengherankan jika banyak tokoh politik maupun pejabat kepala daerah di kota/kabupaten di Jatim berusaha menggandeng PP untuk memuluskan rencananya.  

Terbukti, arena Muswil yang digelar di Jatim Expo Surabaya itu dihadiri banyak tokoh nasional seperti Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Ruhut Sitompul dan beberapa artis top di masanya. Termasuk hadirnya Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP Japto Soerjosoemarno yang memberi pesan khusus kepada La Nyalla untuk kembalikan marwah PP. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here