Mereka Tanggap Bencana: Khofifah Naik Motor, Gus Ipul Naik Helikopter

0
456

Nusantara.news, Surabaya – Bencana tanah longsor yang terjadi di Ponorogo, Sabtu (1/4/2017) pagi, masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat 26 korban yang belum ditemukan. Tim gabungan masih terus bekerja bahu-membahu untuk menemukan semua jenazah yang tertimbun berton-ton tanah lumpur bercampur batuan.

Beratnya medan, ditambah kondisi tanah dan cuaca yang tidak stabil, tergambar dalam proses evakuasi. Bahkan, proses pencarian korban sempat ditunda akibat hujan deras yang kembali mengguyur Desa Banaran, Kecamatan Pulung, sehari pasca bencana. Namun ada fenomena yang menggelitik empati ketika dua publik figur mendatangi lokasi.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menjadi pejabat pusat pertama kali yang terjun langsung ke Ponorogo. Setelah mengeluarkan berbagai instruksi, termasuk pendirian dapur umum bagi warga yang mengungsi dan tim penyelamat, Khofifah bergerak menuju lokasi longsor dengan dibonceng sepeda motor. Alternatif transport ini menjadi satu-satunya yang tersedia akibat rusaknya akses jalan ke sana.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf (Gus Ipul) tiba di Banaran bersama rombongan Kapolda Irjen Pol Machmud Arifin menggunakan helikopter. Gus Ipul tampak bersusah payah ketika mencoba menuruni jalur longsoran dengan jalan kaki. Terlepas dari latar belakang kedua pejabat publik yang akhir-akhir ini menjadi perhatian di Jawa Timur, tanggap bencana keduanya patut diapresiasi. Kehadiran keduanya, sehari pasca musibah terjadi, semoga jadi pelipur duka warga. []

Berikan Komentar anda!

Please enter your comment!
Please enter your name here